Dark/Light Mode

Diangke Menko

Apa Risma Bisa Nyaingi Ganjar?

Jumat, 19 Juni 2020 07:12 WIB
Walikota Surabaya Tri Rismaharini (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa).
Walikota Surabaya Tri Rismaharini (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Walikota Surabaya Tri Rismaharini alias Risma sempat dianggap drop karena gagal menanggulangi wabah Covid-19 yang semakin banyak menyerang warganya. Namun, pujian justru datang dari Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. Apakah pujian Pak Menko itu akan mendongkrak popularitas dan elektabilitas Risma? Bisakah Risma menyaingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, rekan separtainya, yang tengah bersinar karena dianggap cekatan dalam penanganan corona? Kita lihat saja nanti.

Risma digadang-gadang menjadi salah satu bakal cagub DKI dan capres 2024 dari PDIP. Namun, dia babak belur karena dianggap gagal menangani penyebaran virus corona di wilayahnya. Surabaya, menjadi salah satu episentrum penyebaran corona. Kota Buaya itu bahkan sempat masuk kategori zona hitam dengan tingkat kasus di atas 2.049.

Baca juga : Jaga Perekonomian, Menko Airlangga Sampai Tak Bisa Tidur Nyenyak

Jauh jika dibandingkan dengan Ganjar. Ganjar bersinar terang dengan berbagai kebijakannya dalam menangani corona. Mulai dari mencegah warga Jateng dari Jabodetabek mudik, baik dengan imbauan maupun penjagaan di terminal-terminal, membagikan bansos, hingga menerapkan pengaturan jarak antarpedagang pasar. Ganjar bahkan sempat dipuji Presiden Jokowi.

“Saya sangat menghargai apa yang dilakukan Jawa Tengah. Saya melihat contoh pelaksanaan jaga jarak di pasar-pasar tradisional di Jateng. Pasar di Salatiga itu bagus sekali, ekonomi tetap bisa berjalan tetapi jaga jaraknya ketat dilakukan,” kata Jokowi saat rapat terbatas bersama sejumlah jajaran menteri dan gubernur secara virtual, Selasa (12/5).

Baca juga : Untung, Jokowi Gak Bisa Nyapres Lagi

Popularitas dan elektabilitas Ganjar pun terdongkrak. Dalam survei Indikator Politik indonesia pekan lalu, elektabilitas Ganjar melesat dari 9,1 persen di bulan Februari, menjadi 11,8 persen pada Mei. Dia berada di urutan nomor dua setelah Prabowo Subianto. Risma malah tak ada. Februari lalu, dalam Survei Indo Barometer, elektabilitas Risma 9,9 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.