Dark/Light Mode

Diangke Menko

Apa Risma Bisa Nyaingi Ganjar?

Jumat, 19 Juni 2020 07:12 WIB
Walikota Surabaya Tri Rismaharini (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa).
Walikota Surabaya Tri Rismaharini (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Namun sinar Risma kini kembali. Meski masih masuk kategori zona merah, Surabaya dianggap cukup maju dalam penanganan Covid-19. Dia dapat pujian dari Menko PMK Muhadjir Effendy. Muhadjir meminta para kepala daerah dengan banyak kasus Covid-19 di wilayahnya, untuk belajar ke Risma.

Pujian itu dilontarkan Muhadjir usai mendengar paparan Risma terkait pemutusan rantai penularan corona di Ibu Kota Jawa Timur itu. “Suruh belajar ke sini (Surabaya) mereka (kepala daerah) biar tahu,” tutur Muhadjir di Rumah Dinas Walikota Surabaya, Selasa (16/6), dikutip dari Antara.

Baca juga : Jaga Perekonomian, Menko Airlangga Sampai Tak Bisa Tidur Nyenyak

Risma saat itu menjelaskan tentang langkah-langkah penanganan corona setelah tak memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Dia mengaku, langsung menerbitkan Peraturan Walikota (Perwali) Surabaya Nomor 28 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru pada kondisi Pandemi Covid-19.

Apakah pujian Menko PMK akan mendongkrak elektabilitas Risma? Pengamat Politik KedaiKOPi Hendri Satrio tak yakin. “Nggak ngaruh. Karena Menko PMK tidak dalam posisi memberikan penghargaan untuk menaikkan elektabilitas. kalau pujiannya dari Megawati, mungkin,” ujar Hendri kepada RM, semalam.

Baca juga : Untung, Jokowi Gak Bisa Nyapres Lagi

Tetapi, Hendri bilang, Risma punya kesempatan untuk menyaingi, dan bahkan menyalip elektabilitas Ganjar. Soalnya, dalam kongres PDIP di Bali, Megawati pernah memberi kode akan memberi restu pada pemimpin perempuan dalam Pilpres 2024. “Jadi kalau untuk menyaingi elektabilitas, atau bahkan menyalip Ganjar, Risma bisa. Apalagi ada kode dari Megawati saat kongres Bali,” tandasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.