Dark/Light Mode

Zul Gak Yakin Menkes Ditendang

Terawan Kesayangan Jokowi, Fakta Apa Hoaks

Sabtu, 11 Juli 2020 06:48 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyampaikan konferensi pers terkait virus corona di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 2 Maret 2020. (Foto: Antara)
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyampaikan konferensi pers terkait virus corona di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 2 Maret 2020. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dianggap banyak orang akan kena reshuffle. Namun, Ketum PAN Zulkifli Hasan yakin Terawan gak akan ditendang. "Orang gak tahu, Pak Terawan itu menteri kesayangan Pak Jokowi," kata Zul. Benarkah yang diomongin Wakil Ketua MPR ini?

Sejak video Presiden Jokowi marah-marah dalam Rapat Paripurna Kabinet (18/6) dan diupload pada 28 Juni lalu itu, isu reshuffle terus berkembang. Sejumlah kalangan mulai menebak-nebak, siapa menteri yang akan kena gusur. Sejumlah menteri memang jadi sorotan.

Satu yang paling disorot adalah Menkes Terawan. Salah satu alasannya dalah rendahnya serapan anggaran bidang kesehatan. Termasuk penanganan corona yang dianggap berantakan sejak awal.

Baca juga : Marahnya Jokowi Ternyata Ada Gunanya

“Kalau ada reshuffle, insya Allah enggak mungkin di-reshuffle itu Pak Menteri Kesehatan," kata Zul, saat menyampaikan pidato peluncuran buku berjudul Menghadang Corona: Advokasi Publik di Masa Pandemi karya Anggota DPR Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay, di Jakarta, kemarin. 

Dalam acara ini Zul memberikan sambutan secara virtual dirumahnya. Terawan juga hadir secara virtual dalam acara ini. Mendengar pernyataan Zul tersebut, Terawan tak bereaksi berlebihan. Hanya senyum kecil.

Zul menyebut Terawan adalah sahabatnya. Ia pun berharap mantan Kepala RSPAD itu tidak patah semangat dengan berbagai kritik dari masyarakat.

Baca juga : 3 Bulan Jalankan Operasi Pelayanan Covid-19, PMI Jangkau 50 Juta Penerima Manfaat

Zul bilang, percayalah kritikan yang disampaikan itu disampaikan tulus. Kadang memang membuat telinga merah. Namun kalau kita jernih memperhatikan kritikan, sebenarnya itu memberikan masukan dan saran agar kebijakan pemerintah berjalan baik untuk kebaikan masyarakat.

Dalam acara yang digelar di Fraksi PAN DPR ini, Terawan juga ikut memberikan kata pengantar secara virtual dari kantornya. Dalam pidatonya, Terawan sama sekali tidak mengomentari omongan Zul soal kedekatan dengan Jokowi. Ia juga tidak menyinggung soal reshuffle. 

Terawan menyampaikan pidatonya dengan membaca teks. Apa yang disampaikan? Terawan menyambut baik buku yang diluncurkan Saleh sebagai masukan dan kritikan bagi pemerintah dalam menangani virus corona. 

Baca juga : Prabowo Bakal Dapat Bintang 4, Fakta Apa Hoaks?

Dia menerima seluruh masukan dan kritikan yang diberikan oleh legislatif. Ini menunjukkan hubungan antara pemerintah dan DPR tidak hanya terjadi di ruang rapat, tetapi juga dirajut lewat adu pikiran, gagasan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.