Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

7 Pegawai KPK Kena Corona,  5 Sudah Sembuh

Senin, 13 Juli 2020 18:02 WIB
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri (Foto: Tedy Kroen/RM)
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri (Foto: Tedy Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tujuh pegawai KPK dilaporkan terinfeksi Covid-19 dalam rentang waktu Mei-Juli 2020. Lima di antaranya, dilaporkan sudah sembuh. 

Info ini disampaikan Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, berdasarkan informasi yang diterima dari Biro SDM, Bagian Umum, dan Poliklinik KPK.

"Respon dan penanganan tanggap telah dilakukan. Alhamdulillah, lima di antaranya sudah sembuh dalam rentang waktu Mei-Juni 2020," ujar Ali lewat pesan singkat, Senin (13/7). 

Baca juga : 8 Secret Service Kena Corona, Wapres AS Batal Kampanye

Ali mengungkap, KPK juga telah melakukan proses tracing dengan menelusuri siapa saja yang melakukan kontak dengan tujuh pegawai yang terinfeksi virus tersebut. "Dengan begitu, potensi penularan dapat diminimalisir," imbuhnya. 

"Saat ini, masih ada satu pegawai yang tengah menjalani perawatan di rumah sakit. Kondisinya, baik. Pegawai tersebut sedang menunggu hasil tes lanjutan sesuai mekanisme yang berlaku, untuk dapat dinyatakan sehat. Satu pegawai lainnya, saat ini sedang menjalani proses isolasi mandiri dengan pantauan pihak rumah sakit dan puskesmas domisili. Semoga, keduanya bisa segera sembuh, sehingga dapat kembali beraktivitas seperti sediakala," papar Ali.

Sebagai langkah antisipasi, KPK terus meningkatkan upaya-upaya mitigasi risiko. Di antaranya, dengan pengaturan ulang kapasitas lift. Tangga darurat difungsikan untuk mengurangi kepadatan antrean lift.

Baca juga : Satu Pedagang Kena Corona, Pasar Becek Pondok Labu Ditutup 3 Hari

Langkah lainnya, membuat saluran komunikasi siaga (hotline) yang dikelola Poliklinik KPK, untuk layanan informasi darurat terkait perkembangan situasi pencegahan Covid-19 di lingkungan KPK. Tak kalah penting, penyemprotan disinfektan secara berkala di seluruh ruangan Gedung Merah Putih dan ACLC. Serta menyelenggarakan kembali Rapid-Test dalam waktu dekat," jelas Ali.

Biro Umum KPK juga mengingatkan kembali kepada seluruh pegawai KPK, untuk memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Antara lain, dengan menjaga jarak aman sekitar 1,5 sampai 2 meter antar orang di manapun pegawai berada. Kemudian, melakukan pengaturan tempat duduk pada area kerja, ruang rapat, kantin, dan lain-lainnya.

Para pegawai juga diimbau untuk selalu menggunakan masker selama bekerja di kantor atau beraktivitas di luar. 
Kemudian, menghindari penggunaan alat pribadi secara bersama seperti alat sholat, alat makan, dan lain-lainnya.
Selain itu, mereka juga diminta memperhatikan seluruh protokol kesehatan dan pembatasan mandiri. 

Baca juga : Sembilan Pedagang Kena Corona, Mulai Besok, Pasar Palmerah Libur 3 Hari

Apabila mengalami gejala demam/ batuk/ pilek/ sakit tenggorokan/ atau semua gejala tersebut, pegawai diminta segera memeriksakan diri ke faskes terdekat. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.