Dark/Light Mode

Kasus Korupsi Bupati Kutai Timur

KPK Turun Ke Samarinda, Sekda Diperiksa Maraton

Minggu, 26 Juli 2020 08:03 WIB
Plt Jubir KPK Ali Fikri (Foto: Tedy O Kroen/RM)
Plt Jubir KPK Ali Fikri (Foto: Tedy O Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - KPK mengirim tim penyidik ke Samarinda, Kalimantan. Tim penyidik melakukan pemeriksaan maraton saksi-saksi perkara korupsi Bupati Kutai Timur, Ismunandar dan istrinya, Encek UR Firgasih.

Para saksi dipanggil untuk menjalani pemeriksaan di Kepolisian Resor Kota Samarinda. Tim penyidik KPK meminjam ruang Aula Wira Pratama untuk tempat pemeriksaan. 

Baca juga : KPK Tetapkan Tiga Tersangka, Salah Satunya Mantan Dirut Jasa Marga

Selama akhir pekan ini, tim penyidik menjadwalkan pemeriksaan terhadap belasan saksi. Salah satunya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Timur, Irwansyah. “Iya, saya kemarin sudah di Samarinda. Menginap di Loa Bakung untuk pemeriksaan hari ini,” kata Irwansyah begitu tiba Polresta Samarinda, kemarin. 

Pemeriksaan Irwansyah berlangsung dari pagi hingga petang. Ia meninggalkan Aula Wira Pratama pukul 5 sore. “Tadi dikasih pertanyaan sekitar 20-25. Hari ini saya langsung balik (ke Kutai Timur). Kalau di panggil lagi saya siap saja. Saya kooperatif,” tandasnya. 

Baca juga : Kasus Suap-Gratifikasi Nurhadi KPK Garap Notaris dan Pengacara

Sebelumnya, Irwansyah juga pernah diperiksa KPK sebagai saksi pada 9 Juli 2020. Selama di Samarinda, tim penyidik menggeber pemeriksaan saksi-saksi. Setelah pemeriksaan Jumat-Sabtu, dilanjutkan pada Selasa-Rabu pekan depan. “Tiap harinya paling enggak 7-8 saksi kami periksa, semuanya dari lingkup Pemkab Kutim dan rekanan,” kata anggota tim penyidik. Tim penyidik meninggalkan Polresta Samarinda menggunakan tiba mobil Toyota Innova. 

Pelaksana tugas juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri membenarkan ada tim penyidik yang melakukan pemeriksaan saksi-saksi di Samarinda. “Penyidik mengonfirmasi mengenai dugaan pengaturan jumlah fee yang sudah diatur dan ditentukan serta dugaan informasi adanya pemberian mobil kepada tersangka ISM (Ismunandar),” kata Ali. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.