Dark/Light Mode

Syarif Bando Buka Pekan Perpusnas PRESS

Budaya Baca Indonesia Tak Rendah, Hanya Kurang Akses

Senin, 27 Juli 2020 16:25 WIB
Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando (Foto: Dok. Perpusnas)
Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando (Foto: Dok. Perpusnas)

 Sebelumnya 
Ke depan, aktivitas Perpusnas PRESS akan masuk ke dalam program prioritas dan berdasarkan sesuai kebutuhan informasi masyarakat. Upaya tersebut diyakini akan membantu memperkecil kesenjangan antarwilayah. Ini adalah ajang kontribusi. Cara menuangkan ide-ide, gagasan yang bermanfaat.

Baca juga : Cara Berpakaian Presiden Di Indonesia, Soekarno Paling Stylish

Antologi Coretan Pustakawan bemula dari Workshop Penulisan Kreatif Perpusnas PRESS yang diikuti 75 peserta pustakawan di Perpusnas. Setelah melalui serangkaian proses pendampingan, akhirnya hanya 16 pustakawan yang berhasil merampungkan karyanya untuk dibukukan. Sedangkan pada program Inkubator Literasi Pustaka Nasional, tidak kurang 305 naskah diterima. Dari jumlah tersebut, terseleksi 15 penulis terpilih yang dihimpun menjadi buku dengan judul Inovasi Pustakawan Menuju Indonesia Maju. Tiga penulis terbaik dari buku tersebut secara berurutan, yakni Muhammad Ivan (Jawa Barat), Ahmad Syawqi (Kalimantan Selatan), dan Sofian Munawar (Jawa Barat), berhasil mendapatkan penghargaan berupa uang tunai dan sertifikat.

Baca juga : Ahmad Basarah: Wacana Pemakzulan di Tengah Pandemi Hanya Kuras Energi

Kegiatan peluncuran dan pengumuman pemenang lomba inkubator literasi merupakan bagian dari perayaan Pekan Perpusnas PRESS yang diselenggarakan 27-30 Juli 2020. Bertemakan “Tulis, Terbit, dan Sebarkan” rangkaian ulang tahun Perpusnas PRESS menghadirkan sejumlah pembicara dari kalangan pustakawan, publishing, dan ASN produktif. 

Baca juga : Garuda Indonesia Top Soal Kesejahteraan Karyawan

Tema “Tulis” pada 28 Juli mengetengahkan pembicara pustakawan dari Kementerian Pertanian Juznia Andriani, dan Perpustakaan Nasional Destiya Prabowo. Pada tema “Terbit”, menghadirkan narasumber publishing dari CEO Rayyana Publishing Salim Shahab, CEO Aksaramaya Sulasmo, dan Kepala Biro Hukum dan Perencanaan Perpusnas Joko Santoso.  Sedangkan, pada tema “Sebarkan” mengundang narasumber CEO Bitread Publishing Anita Hairunnisa, dan ASN Produktif Menulis Buku Dyah Lestyarini dan Randy Ariyanto Wibowo. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.