Dark/Light Mode

Mendagri: Berkurban Wujud Syukur ASN di Tengah Pandemi Covid

Jumat, 31 Juli 2020 16:46 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian (kiri) seusai shalat Ied di Masjid An-Nur Kompleks Kemendagri, menyerahkan sapi kurban kepada warga Jabodetabek dan korban banjir Luwu Selatan, Jumat (31/7). (Foto: Kemendagri)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian (kiri) seusai shalat Ied di Masjid An-Nur Kompleks Kemendagri, menyerahkan sapi kurban kepada warga Jabodetabek dan korban banjir Luwu Selatan, Jumat (31/7). (Foto: Kemendagri)

 Sebelumnya 
Mengalami kenaikan 32 persen yang pada tahun sebelumnya sumbangan yang terkumpul berjumlah 46 ekor sapi, tahun ini menjadi 58 ekor sapi. Pada tahun sebelumnya 25 ekor kambing pada tahun ini 47 ekor kambing," tambah Bahtiar. 

Ia pun kemudian merinci para penyumbang hewan kurban di Kemendagri. Katanya, Mendagri Tito Karnavian menyumbang satu ekor sapi yang besar sekali. Kemudian sumbangan hewan kurban dari para pejabat eselon dan komponen di Kemendagri.

"Dari Bapak Mendagri 1 ekor sapi yang paling gede yang pernah saya lihat Pak Menteri, yang kedua dari Sekjen hewan kurban berjumlah 18 ekor sapi yaitu terdiri dari 6 ekor sapi bantuan dari NGO Islamic Relief, kemudian 4 ekor sapi dari Biro Umum, 4 ekor sapi dari WLP, 1 ekor sapi dari bank BNI dan 3 ekor sapi lainnya juga dari Sekjen," tambah Bahtiar.

Baca juga : Idul Adha di Tengah Pandemi, AHY Ajak Tingkatkan Kepedulian

Dirjen Polpum, 4 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Dari Ditjen Otda, 1 ekor sapi dan 4 ekor kambing, dari Ditjen Keuda, 2 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Dari BPSDM, 7 ekor sapi dan 7 ekor kambing.

"Dari Ditjen Bina Bangda, 2 ekor sapi sumbangan dari NGO Islamic relief. Dari Itjen 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Dari BPP, 1 ekor sapi. Dari BNPP, 4 ekor sapi, Ditjen Prmdes, 4 ekor sapi dan 1 ekor kambing, " ungkapnya.

Sementara sumbangan hewan kurban dari Ditjen Dukcapil kata dia, berupa 7 ekor sapi dan 6 ekor kambing. Dari Ditjen Adwil, 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Dari IPDN, 3 ekor sapi dan 9 ekor kambing. Dan dari Dharma Wanita, 2 ekor sapi dan 6 ekor kambing.

Baca juga : Sandiaga Minta Entrepreneur Berinovasi Cepat di Tengah Pandemi

"Adapun penerima atau mustahiq yang terdata menerima daging kurban, mustahiq internal pada masing-masing komponen, tenaga pengaman Pamdal, clening service, tenaga pengemudi dan pengurus masjid An Nur, kemudian yang kedua adalah Pondok Pesantren Nur Salam, pesantren di Cikarang, 4 yayasan dan masjid terdata di masing-masing oleh komponen," ujarnya.

Bahtiar menambahkan komponen di Kemendagri sendiri yang menentukan siapa yang akan diberikan daging kurban. Daging kurban juga akan disalurkan kepada masyarakat korban banjir di Kecamatan Masamba Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

"Kemudian masyarakat kurang mampu Desa Blukbuk Kecamatn Kronjo Kabupaten Tangerang, 7 yatim piatu, Masjid Al Muhajirin di Cempaka, Bekasi. Terkait pelaksanaan perayaan Idul Adha 1441 H di lingkungan Kemendagri dan BNPP," tambah Bahtiar.

Baca juga : Idul Adha di Masa Pandemi

"Kami atas nama panitia penyelenggara menghaturkan banyak terimakasih atas kontribusi dan partisipasi yang telah diberikan serta keiklasan seluruh komponen dan ASN di lingkungan Kemendagri dan BNPP, semoga dapat menjadi ladang ibadah yang diterima di sisi allah SWT," pungkasnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.