Dark/Light Mode

Penangkapan Djoko Tjandra Bukti Polri Sangat Kompak

Jumat, 31 Juli 2020 23:19 WIB
Penangkapan Djoko Tjandra oleh Polri. (Foto: ist)
Penangkapan Djoko Tjandra oleh Polri. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Komunikasi Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing menilai, keberhasilan Polri menangkap buronan cessie Bank Bali, Djoko Tjandra karena kompaknya jajaran korps Bhayangkara. Keberhasilan ini juga membantah adanya isu faksionalisasi di tubuh Polri.

“Penegakan hukum atas Djoko Tjandra bentuk kekompakan di internal Polri," katanya kepada wartawan, Jumat (31/7).

Baca juga : Usut Kemungkinan Adanya Suap Dalam Skandal Djoko Tjandra, KPK Koordinasi Dengan Polri

Sebelumnya, Polri berhasil menangkap Djoko Tjandra di Malaysia, Kamis (30/7). Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan, penangkapan Djoko Tjandra merupakan instruksi langsung Presiden Jokowi.

Selain itu, kata Emrus, keberhasilan ini tidak terlepas dari sinergitas antara Polri dan Badan Intelijen Negara dalam melacak keberadaan Djoko Tjandra. Menurutnya, dalam proses memburu pelarian terpidana suatu kasus, Polri tentu menggunakan berbagai informasi dari berbagai pihak termasuk informasi intelijen. 

Baca juga : Malam ini, Bareskrim Serahkan Djoko Tjandra Ke Kejaksaan Agung

"Terjadi kerja sama yang baik antara Polri dan BIN. Polri berhasil menyimpan dan mengolah informasi yang bersifat rahasia itu sehingga bisa menangkap Djoko Tjandra," imbuh Emrus. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.