Dark/Light Mode

64.250 Peserta Ikuti Ujian Online Simak UI, Apa Yang Dites?

Rabu, 5 Agustus 2020 21:58 WIB
Di tengah pandemi Covid-19, UI tetap mengupayakan pelaksanaan ujian online agar seluruh peserta di berbagai wilayah di Indonesia dapat mengikuti seleksi. (Foto Web UI)
Di tengah pandemi Covid-19, UI tetap mengupayakan pelaksanaan ujian online agar seluruh peserta di berbagai wilayah di Indonesia dapat mengikuti seleksi. (Foto Web UI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seleksi Masuk Universitas Indonesia (Simak UI 2020) untuk semua jenjang dan program pendidikan dilaksanakan lagi pada 5 Agustus 2020, pukul 08.00-15.00 WIB, secara online. Ujian diikuti 64.250 peserta dari dalam dan luar negeri. Peserta dari luar negeri berasal dari negara Korea Selatan, Qatar, Saudi Arabia, dan Thailand.

Program studi yang dibuka pada Simak UI adalah 13 program studi Vokasi (D3), 64 program studi Sarjana Reguler, 35 program studi Sarjana Paralel, dan 16 program studi Sarjana Kelas Internasional. Sebelumnya, telah dilaksanakan Ujian Simak UI S1 Kelas Internasional pada pada Minggu (19/7) dan S1 Ekstensi/Paralel lulusan D3 dan Pascasarjana pada Minggu (26/7) yang juga online.  

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, UI tetap mengupayakan pelaksanaan ujian online agar seluruh peserta di berbagai wilayah dapat berkesempatan mengikuti seleksi, tanpa ke lokasi. Ujian online dilakukan memakai sistem Computer Based Test (CBT). Setiap peserta dapat mengikuti tes menggunakan ponsel, tab, laptop, maupun komputer.

Baca juga : 132 Ribu Peserta Ikuti Ujian MasukĀ Perguruan Tinggi Keagamaan Islam NegeriĀ Secara Daring

Panitia juga mengerahkan tim pengawas melalui webcam/kamera smartphone untuk mengawasi berjalannya ujian. Simak UI Gelombang 2 ini menggunakan web browser yang menyimpan cache, sehingga jawaban dari soal yang telah terisi masih tersimpan dan dapat diterima pada saat jaringan kembali stabil. 

Daya tampung yang tersedia pada Simak UI Gelombang 2 tahun 2020 sebanyak 2.744 untuk S1 Reguler, 674 untuk S1 Paralel, 392 untuk kelas Internasional, 410 untuk Vokasi (D3), dan 216 untuk S1 Ekstensi/Paralel Lulusan D3. 

Hasil ujian Simak UI 2020 untuk S1 Reguler, S1 Paralel, dan Vokasi akan diumumkan pada 22 Agustus 2020 di www.penerimaan.ui.ac.id.

Baca juga : Tapera Butuh Roadmap Yang Jelas

Simak UI adalah program seleksi mahasiswa UI yang diselenggarakan UI untuk semua program pendidikan dari jenjang Vokasi (Diploma 3), Sarjana (S1) Kelas Reguler, Paralel, Sarjana Kelas Internasional, Sarjana Kelas Ekstensi/Paralel bagi lulusan D3, Profesi, Magister, Spesialis, dan Doktoral (S3).

Melalui Simak UI, para calon mahasiswa program Vokasi dan Sarjana diperkenankan memilih lebih dari satu hingga maksimal enam program studi dengan sekali pendaftaran dan ujian. Sedangkan materi ujian Simak UI pada Vokasi dan Sarjana adalah Kemampuan Dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) untuk semua Jurusan ditambah dengan Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia (Kemampuan IPA) atau Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi (Kemampuan IPS).

Sedangkan materi ujian Simak UI Kelas Internasional adalah Mathematics, Biology, Physics, Chemistry (Natural Science) untuk pemilih program studi IPA dan Basic Mathematics, Economics, Indonesian and World History, Geography, Sociology (Social Science) untuk pemilih program studi IPS, di samping syarat TOEFL/IELTS dan wawancara bagi prodi tertentu.

Baca juga : Apa Benar Anggota DPR Minta CSR Ke Bos BUMN?

Adapun materi ujian program pascasarjana dan profesi adalah Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris. Kamu mau masuk UI? Ayo bersiap. Apa yang dites paling tidak sudah ada gambarannya. [MEL]  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.