Dark/Light Mode

Ajudannya Positif Corona, Wagub Sumbar Nasrul Abit Aman

Kamis, 6 Agustus 2020 13:22 WIB
Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit (tengah) (Foto: Instagram)
Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit (tengah) (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ajudan yang biasa mendampingi kegiatan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Nasrul Abit, berinisial RD (26) terkonfirmasi positif COVID-19. Beruntung, Nasrul Abit dinyatakan negatif setelah dilakukan tes usap tenggorokan (swab).

“Selasa (4/8), kami dan beberapa orang menjalani tes 'swab' PCR (Polymerase Chain Reaction). Hasilnya satu orang, yakni ajudan saya terkonfirmasi positif COVID-19. Tetapi, hasil 'swab' saya negatif," kata Nasrul Abit kepada Antara, Kamis (6/8).

Saat ini, ajudan tersebut tengah menjalani isolasi di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumatera Barat, di bawah pengawasan ketat tim medis.

Baca juga : Wapres Urusin Fatwanya

Sejak Covid-19 mewabah di Sumatera Barat, Nasrul Abit dan keluarga, ajudan hingga orang-orang yang selalu berada dekat dengan dirinya, rutin menjalani tes swab untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

Terlebih, aktivitasnya sebagai wakil gubernur memungkinkan Nasrul Abit berbaur dengan orang banyak.

“Kalau saya dan orang-orang yang dekat dengan saya, selain terus menjaga imun tubuh, olahraga, juga kita rutin tes swab. Banyak kasus yang ditemukan, terpapar tapi tidak bergejala. Covid-19 ini, bukanlah aib, siapa saja bisa berpotensi tertular. Maka dari itu, protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan standar, wajib kita jalani saat ini,” katanya.

Baca juga : Jatim Paling Parah

Mengingat potensi penyebaran yang saat ini masih cukup tinggi, Nasrul mengimbau masyarakat di Ranah Minang untuk tetap menaati dan menjalani protokol kesehatan.

"Jangan abai dan jangan sesekali menganggap remeh virus ini karena, tingkat penyebaran nya cukup tinggi dan cepat," katanya.

Kepada Antara, ajudan Wagub, RD mengaku menerima informasi terpapar COVID-19 dari Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Dr. dr. Andani Eka Putra pada Selasa (4/8) malam.

Baca juga : Gubernur Kepri Positif Corona, Istana Tidak Panik

Meski terpapar, kondisinya sehat bahkan mendekati kesembuhan. Diperkirakan, dalam kurun waktu lima hari ke depan sudah bisa keluar dari dari BPSDM dan melanjutkan isolasi mandiri di rumah sebagai bentuk kepatuhan terhadap protokol penanganan Covid-19. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.