Dark/Light Mode

Dua Pedagang Positif Covid, Pasar Blok A dan Blok B Tanah Abang Dibius Lokal

Rabu, 1 Juli 2020 14:40 WIB
Suasana pusat perbelanjaan Pasar Blok A Tanah Abang, Jakarta, Selasa (30/6). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama)
Suasana pusat perbelanjaan Pasar Blok A Tanah Abang, Jakarta, Selasa (30/6). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin memutuskan menutup sebagian pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pada hari ini, Rabu (1/7). 

Pasar Blok A dan Blok B ditutup, menyusul ditemukannya dua pedagang yang positif Covid-19 di lokasi tersebut.

Baca juga : Jaksa Agung Profesional dan Transparan Usut Skandal Jiwasaraya

"Kami lakukan penutupan secara zonasi. Istilahnya, bius lokal. Hanya dilokalisir di kios pedagang yang terpapar Covid-19. Itu yang secara konsisten kita lakukan, untuk menyetop penyebaran Covid-19 di dalam pasar," kata Arief kepada wartawan, Rabu (1/7).

Pasar Tanah Abang yang tidak ditutup, masih diperbolehkan beroperasi seperti biasa.

Baca juga : Guru Besar Ilmu Politik Unpad : Publik Belum Paham Apa Itu New Normal

Arief mengimbau para pedagang dan pembeli, agar mematuhi protokol kesehatan Covid-19 selama berada di dalam pasar. Masker wajib dipakai.

Perumda Pasar Jaya juga berencana membagikan face shield kepada para para pedagang, untuk meminimalkan risiko penyebaran Covid-19. "Prinsipnya sederhana, semua protap Covid-19 dijalankan. Perlu kesadaran bersama stakeholder, secara disiplin dan konsisten," ujar Arief.

Baca juga : Satu Pedagang Kena Corona, Pasar Becek Pondok Labu Ditutup 3 Hari

Menurut Arief, pihaknya telah mensosialisasikan pentingnya penggunaan masker saat beraktivitas di dalam pasar. Baik kepada para pedagang maupun pembeli. Bahkan, dia juga telah mengimbau pedagang di pasar rakyat yang dikelola Perumda Pasar Jaya, untuk tidak melayani pembeli yang tidak menggunakan masker.

"Ketika ada pembeli yang nggak pakai masker, jangan dilayani. Itu untuk menjaga pedagang, agar bisa aman dan sehat," pungkas Arief. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.