Dark/Light Mode

Target Jokowi Tercapai, Hari Ini 30.159 Spesimen Diperiksa

Jumat, 7 Agustus 2020 16:58 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau Lab Container di RSKD Duren Sawit, Jakarta Timur (Foto: Labkesda DKI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau Lab Container di RSKD Duren Sawit, Jakarta Timur (Foto: Labkesda DKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Target Presiden Jokowi yang mencanangkan pengujian spesimen sebesar 30 ribu per hari, tercapai pada Jumat (7/8).

Sebelumnya, saat membuka Rapat Terbatas Percepatan Penanganan Dampak Pandemi Covid-19 di Istana Merdeka pada Senin (13/7), Jokowi memang menyerukan penambahan laboratorium di daerah dan mobile laboratory PCR untuk mendongkrak jumlah tes PCR. Hingga 30 ribu per hari.

Baca juga : Soal Djoko Tjandra, Pakar Hukum Apresiasi Ketegasan Kapolri

 "Untuk tes, harus ditingkatkan jumlah PCR test dengan menambah lab yang ada di daerah plus mobile lab PCR. Targetnya, ada 30 ribu tes PCR per hari," kata Jokowi ketika itu.

Berdasarkan data yang diunggah di situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Satgas Penanganan Covid-19 pada hari ini, Jumat (7/8), total tes PCR dalam sehari mencapai 30.159.

Baca juga : Mahfud Sampaikan Sikap Pemerintah Soal RUU HIP

Angka ini meningkat dibanding pengujian pada Kamis (6/8) kemarin, yang hanya memeriksa 29.375 spesimen.

Pengujian terhadap 30.159 spesimen itu memberikan hasil 2.473 kasus terkonfirmasi positif. Sehingga, akumulasinya sampai saat ini mencapai angka 121.226.

Baca juga : Maria Pauline Lumowa Malah Menolak Diperiksa

Sementara jumlah pasien sembuh, kini telah mencapai angka 77.557. Atau 64 persen dari kasus terkonfirmasi.

Sedangkan total pasien Covid yang meninggal dunia, jumlahnya kini ada 5.593, atau setara 4,6 persen dari total kasus terkonfirmasi positif. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.