Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ini Penjelasan KPK Soal Adu Mulut Nawawi Pomolango Vs Anak Amien Rais

Jumat, 14 Agustus 2020 20:20 WIB
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri (Foto: Tedy Kroen/RM)
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri (Foto: Tedy Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri akhirnya memberi penjelasan soal insiden yang melibatkan Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dan anak politikus PAN Amien Rais, Mumtaz Rais.

Ali membeberkan, Nawawi melakukan perjalanan dinas ke Gorontalo dalam rangka menjalankan tugas kegiatan koordinasi pemberantasan korupsi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di wilayah Provinsi Gorontalo, pada tanggal 9 Agustus sampai 12 Agustus 2020.

Baca juga : Klinik Pengendalian Hama Terpadu Mendukung Pertanian Ramah Lingkungan

Hari itu juga, Nawawi kembali ke Jakarta, naik pesawat Garuda Indonesia. Pesawat transit di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan untuk pengisian bahan bakar.

Pada saat pengisian bahan bakar, awak kabin sudah mengingatkan beberapa kali, baik secara langsung ataupun secara umum melalui pengeras suara, agar kepada para penumpang tidak berjalan dan tidak menggunakan alat komunikasi.

Baca juga : Soal Bebasnya Nazaruddin, Ini Penjelasan Kepala Humas dan Protokol Ditjen PAS

Tapi, seorang penumpang yang ternyata adalah Mumtaz Rais menelepon. Pramugari pun menegurnya. Namun, tak digubris. "Nawawi saat itu melihat penumpang itu tidak mengindahkan imbauan pramugari, hingga sekitar 3 kali," ujar Ali dalam siaran pers, Jumat (14/8).

Orang itu terus saja menelepon. Dari jendela di samping tempat duduknya, Nawawi melihat ada kendaraan pengisi bahan bakar di sekitar pesawat. Dengan pertimbangan keselamatan seluruh penumpang, Nawawi pun mengingatkan penumpang bandel itu untuk mematuhi aturan yang berlaku di penerbangan.

Baca juga : Ini Penjelasan BPBD Jatim Soal Bantuan Mobil Tes PCR Yang Dipersoalkan Risma

Namun demikian, Mumtaz Rais tidak merespon dan tetap bicara melalui telepon. "Nawawi kembali ke kursi, namun dikejutkan ketika penumpang yang diingatkan tadi justru kemudian mengatakan 'kamu siapa?'. Hal ini dijawab Nawawi, 'saya penumpang pesawat ini dan oleh karenanya wajib mengingatkan sesama demi keselamatan bersama'," tutur Ali menirukan perkataan Nawawi.

Mumtaz Rais tampak kesal. Dia kemudian mengatakan, dirinya bersama Wakil Ketua Komisi III DPR, sambil menunjuk ke salah satu kursi kedua di belakang Nawawi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.