Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Uang Pecahan Baru Rp 75 Ribu Bikin Heboh Warganet

Minggu, 16 Agustus 2020 22:47 WIB
Uang Pecahan Baru Rp 75 Ribu Bikin Heboh Warganet

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) bakal mengeluarkan uang rupiah khusus dalam rangka peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia. Peresmiannya besok pagi, tepat peringatan HUT ke-75 RI.

Gambar uang kertas pecahan Rp 75 ribu yang baru pun jadi bahan perbincangan warganet. Uang pecahan baru ini pun viral.

Berdasarkan penampakan yang beredar di media sosial, pecahan uang baru ini desainnya sangat estetik. Warnanya dominan merah putih. Mirip pecahan uang Rp 100 ribu. Hanya saja, ada nuansa gradasi warna hijau dan gradasi biru. 


Di sisi pertama, nampak foto Proklamator, Soekarno dan Hatta tengah tersenyum. Ada gambar peristiwa pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih saat momentum proklamasi pertama kali. Di bawahnya ada gambar gerbong kereta MRT dan Jembatan Youtefa Papua, yang belum lama diresmikan Presiden Jokowi.

Di sisi sebaliknya, ada gambar peta Indonesia dan sejumlah orang berpakain adat Nusantara dari Sabang sampai Merauke. Selain itu, di kedua sisinya tentu tercantum nominal Rp 75 ribu.

Baca juga : Lucy Robson, Bikin Warganet Gagal Fokus

Warganet di jagad Twitter geger. Komentarnya dari yang mulai takjub memuji, hingga komentar lucu-lucu lainnya. "Uang baru estektik banget fak," kicau @yourskyblues diamini @sharapandulu. "Katanya sih ini uang baru guys, gatau dapet dari grup, tapi lucu banget desainnya!!!"


Netizen pemilik akun @tufailhanif sudah bingung duluan dengan uang pecahan baru. "Jajan Rp 13.500 bayar pake uang baru Rp 75.000 bingung ngitung kembaliannya," cuitnya senada dengan @rakyatbarusaya. "Ada uang baru katanya, orang kayak gua nanti makin bingung buat ngitung kembalian wkwk."

Tweeps @Rudiii_30 agak jengkel. "Nggak butuh uang baru, butuhnya uang banyak," cuitnya disambut @Gihonsulu3. "Besok katanya BI merilis uang pecahan 75k baru. Apakah ini berdampak baik pada perekonomian Indonesia di HUT 75?"


Akun @gadisresidu_b3 meledek. "Karya Pak Jokowi ada di uang pecahan baru Rp 75 ribu Jembatan Youtefa (Holtekamp) dan MRT Jakarta. Kadrun nggak sanggup megangnya," kicuanya.


Uang Khusus Koleksi

Baca juga : Bantu UMKM Di Masa Pandemi, BGR Bikin Aplikasi Warung Pangan


Diketahui, peresmian pengeluaran uang logam rupiah khusus atau commemorative coin tersebut bakal dilakukan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati esok hari, Senin (17/8/2020).

"Dalam kesempatan baik ini kami bermaksud menyampaikan undangan sekaligus mohon konfirmasi kehadiran rekans pada acara 'Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia' bersama Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan," jelas BI dalam siarannya, Minggu (16/8).

Di dalam dokumen Uang Khusus Logam Bank Indonesia dijelaskan, uang rupiah khusus merupakan uang yang dikeluarkan oleh BI dalam rangka memperingari peristiwa ataupun tujuan tertentu.

Uang rupiah khusus tersebut memiliki nilai nominal yang berbeda dari nilai jualnya.

"Uang rupiah khusus terdiri dari koin edisi khusus dan atau uang kertas yang tidak dipotong sehingga menyerupai satu lembaran besar yang terdiri dari beberapa lembar uang (uang tersambung)," jelas BI.

Baca juga : Hasil Imbang Lawan Bina Taruna, Timnas U-16 Petik Pelajaran

Uang rupiah khusus merupakan alat pembayaran yang sah, namun biasanya tidak digunakan sebagai alat tukar.

Uang rupiah edisi khsusus merupakan sarana perkembangan numismatika atau koleksi uang di Indonesia. 

"Setiap edisi dikeluarkan dengan kemasan yang menarik dan unik sehingga sering dijadikan sebagai cenderamata," jelas BI.


Uang baru ini bukan merupakan uang untuk transaksi melainkan edisi khusus untuk dikoleksi. BI memang beberapa kali telah menerbitkan uang edisi koleksi, seperti uang edisi khusus Seri 25 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Seri perjuangan Angkatan 45, Seri Save The Children, Seri Cagar Alam, dan seri lainnya. [FAQ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.