Dark/Light Mode

Agustusan di Istana Tidak Heboh Tapi Khidmat

Merdeka dari Corona Kapan Diproklamirkan

Selasa, 18 Agustus 2020 05:15 WIB
Suasana Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan di Istana Merdeka, Senin (17/8). (Foto: Twitter @jokowi)
Suasana Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan di Istana Merdeka, Senin (17/8). (Foto: Twitter @jokowi)

 Sebelumnya 
Pengibaran bendera dilakukan secara singkat. Tanpa prosesi heboh seperti tahun lalu, yang dibawa dari halaman Monas ke Istana Merdeka menggunakan kereta kencana. Kemarin, bendera Merah Putih dipegang langsung oleh pembawa baki lalu dikibarkan di tiang. 

Meski begitu, para pemimpin negara tampak khidmat memberi hormat. Bahkan, sampai yang menyaksikan secara virtual, tampak terbawa suasana. Setelah prosesi selesai, lagu-lagu perjuangan dikumandangkan. Presiden dan rombongan meninggalkan lapangan upacara. Upacara penurunan bendera yang dilakukan pukul 5 sore, sama sederhananya. Prosesinya sangat singkat. 

Baca juga : Menjamur Di Tengah Corona, Pelaku UMKM Wajib Dibantu

Di dunia maya, warganet ramai membicarakan suasana upacara yang sederhana namun khidmat itu. Banyak yang bertanya hampir senada, kapan kita bisa deklarasikan merdeka dari corona? "Yang aku inginkan sekarang adalah Indonesia merdeka dari corona," cuit @ChacaIt. "Kapan ya deklarasikan merdeka corona?" sambar @yayuika. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang memimpin Upacara Hari Raya Kemerdekaan RI di Balai Kota sempat menyinggung merdeka dari corona. Dalam pidatonya, Anies mengingatkan kemerdekaan yang direbut lewat jalan yang panjang. Setelah merdeka, ujian terus menerus datang. "Namun, setiap kali pula Allah SWT berikan kekuatan pada kita untuk bangkit menghadapinya," ujarnya. 

Baca juga : Ibu, Kakak dan Istrinya Terima Fee Rp 3 M Dari LSM, PM Kanada Terancam Dipolisikan

Indonesia terus membuktikan sebagai bangsa yang percaya pada kekuatan dirinya dan mampu berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka. Ujian kembali datang tahun ini. Apalagi kalau bukan pandemi Covid-19. Menurut Anies, ini merupakan kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk kembali mencatatkan sejarah. "Saat di mana setelah 100 tahun lamanya, pandemi, wabah, pagebluk, kembali menjadi ujian bagi negara kita," imbuh Anies. 

Untuk merdeka dari corona, dia menekankan agar masyarakat disiplin menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. Sementara, pemerintah akan terus gencar melaksanakan 3T, yakni testing, tracing, dan treatment untuk menekan penyebaran Covid-19. Dengan melakukan itu, kata Anies, setiap orang bisa menjadi pahlawan. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.