Dark/Light Mode

Lewat Program `Kampus Merdeka`

PT PJB Buka Kesempatan Magang Bagi Mahasiswa UGM

Selasa, 18 Agustus 2020 20:49 WIB
PJB Academy Kampus Gresik. (Ist)
PJB Academy Kampus Gresik. (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) menjalin kerja sama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) guna menyukseskan program 'Kampus Merdeka'.

'Kampus Merdeka' adalah program yang bertujuan untuk mempercepat inovasi di bidang pendidikan melalui beberapa kegiatan pembelajaran, salah satunya melalui program magang/praktik kerja di industri.

Baca juga : Menpora Ingin Kampus Jadi Tempat Tumbuhnya Semangat Kewirausahaan

Sekretaris Perusahaan PT PJB, Muhammad Bardan mengungkapkan, penandatanganan kerja sama dengan kampus UGM dilakukan pada Selasa (18/08). Penandatanganan ini kata dia, menandai kapasitas PJB sebagai anak perusahaan BUMN pertama yang menjalankan program kampus merdeka. 

"Pelaksanaan program ‘Kampus Merdeka’ ini juga menjadi salah satu bentuk inisiatif PT PJB dalam merayakan HUT RI ke-75 serta merealisasikan tema tahun ini yang bertajuk ‘Indonesia Maju’," tuturnya dalam rilis yang diterima RMco, Selasa (18/8/2020).

Baca juga : Program Kemitraan Bikin Petani Bawang Putih Untung

Bersama UGM sebagai Perguruan Tinggi Negeri, PJB bakal menyusun kurikulum hingga penyelesaian program. Lewat program ini, mahasiswa tingkat akhir diberikan ‘kemerdekaan’ dan kesempatan untuk mengambil SKS di luar Perguruan Tinggi atau di luar program studi.

"Selanjutnya, mahasiswa dapat menjadi bagian dari program magang atau kerja praktik di unit-unit PT PJB. Program magang akan berlangsung selama 6 bulan dan kegiatannya diekuivalensikan setara dengan 20 SKS," papar M Bardan.

Baca juga : DPR Kecewa Banyak Program Bantuan Ke Petani Terhambat Karena Birokrasi

Diterangkan lebih lanjut, pada program Kampus Merdeka, PT PJB berkontribusi sebagai penyedia kesempatan magang di industri pembangkitan kepada mahasiswa yang cakupannya adalah penyediaan mentor bagi mahasiswa, penyediaan perangkat magang termasuk proyek hingga studi kasus untuk dapat diselesaikan oleh mahasiswa selama proses magang berlangsung.

"Bahkan di akhir magang mahasiswa bidang teknik diberikan kesempatan mengikuti uji sertifikasi kompetensi," katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.