Dark/Light Mode

Survei Politik Di Masa Pandemi

Apapun Lembaganya, Juaranya Lu Lagi, Lu Lagi

Jumat, 21 Agustus 2020 07:27 WIB
(Dari Kiri ke kanan) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)
(Dari Kiri ke kanan) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Beberapa nama yang menjadi responden adalah dokter spesialis paru Erlina Burhan, Ketua PP Muhamma diyah Busyro Muqoddas, Rektor UGM Panut Mulyono, Rektor ITB Kadarsah Suryadi, Rektor UI Pandji Soerachman. Selain itu ada Dahlan Iskan, pengasuh pondok pesantren Raudlatut Thalibin, Rembang, Mustofa Bisri atau biasa disapa Gus Mus dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Menurut Burhan, para elite dianggap memiliki informasi dan ilmu yang lebih luas dari orang awam sehingga diharapkan evaluasinya lebih berbobot.

Baca juga : Golkar: Isu Politik Dinasti Jangan Jadi Alat Menjatuhkan Lawan

Apa hasilnya? Satu di antara temuan yang lain adalah, kalangan elite menilai kinerja pemerintah daerah lebih baik dibanding pemerintah pusat dalam penanganan corona. Hanya 36,8 persen responden yang menilai kinerja pemerintah pusat baik. Sebanyak 34,9 menilai buruk, dan 28 persen menilai biasa saja. Sementara sebanyak 49,1 persen yang menilai pemerintah provinsi baik. Sebanyak 24,7 persen menilai biasa saja, serta 25,7 persen menilai buruk. “Kinerja pemerintah pusat lebih di bawah dibanding pemerintah provinsi menurut elite,” kata Burhan.

Kepala daerah mana yang dianggap berhasil? Ada tiga gubernur yang menonjol atau mendapat nilai di atas rata-rata. Mereka adalah Anies, Emil dan Ganjar. Menurut elite, tiga gubernur itu lebih sigap dalam menangani pandemi. Mereka lebih bisa mengkonsolidasikan kekuatan, lebih punya kepekaan terha dap krisis dan lebih baik dalam berkomunikasi dengan rakyat.

Baca juga : Logam Mulia Dan Kopi Merajai Pasar Swiss

Menurut para elite, Anies lebih unggul dalam sense of crisis. Sementara Ridwan Kamil lebih jago dalam berkomunikasi dengan masyarakat dan koordinasi dengan berbagai sektor pemerintahan. Sedangkan Ganjar meski tak pernah di urutan pertama, nilainya tak beda signifikan dengan Anies dan Emil.

Dalam sense of crisis atau kepekaan terhadap bencana, Anies unggul dengan penilaian 72,9. Diikuti Ridwan Kamil 72,1 dan Ganjar Pranowo 72. Dari segi penilaian komunikasi warga, Ridwan Kamil berada di posisi pertama dengan skor 73,4. Ganjar mengikuti di belakangnya dengan angka tak kalah jauh 73,2, serta Anies dengan angka 72,1. Terakhir, dalam kategori penilaian koordinasi kerja, Ridwan Kamil juga memimpin dengan skor 72,4. Kemudian Ganjar dengan penilaian 71,9 dan Anies 71,6.

Baca juga : Menag : Perbanyak Porsi Daging Kurban Untuk Fakir Miskin

Saan Mustofa mengatakan, bagi seorang pemimpin pandemi corona adalah ujian kepemimpinan. Pada saat ini pemimpin diuji bagaimana mengelola krisis. Bagaimana meng konsolidasikan kekuatan, berkomunikasi dengan rakyat dan sebagainya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.