Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Prodia Scientific Day 2020 Bagikan Informasi Kesehatan di Tengah Pandemi

Sabtu, 26 September 2020 20:31 WIB
Prodia Scientific Day 2020 (Foto: Dok. Prodia)
Prodia Scientific Day 2020 (Foto: Dok. Prodia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 271.339 orang. Angka berpotensi terus bertambah, mengingat vaksin dan obat khusus belum ditemukan. Untuk menghindari paparan Covid-19, salah satu kunci yang harus dilakukan masyarakat adalah menjaga imunitas tubuh. 

Berangkat dari itu, Prodia menyelenggarakan Prodia Scientific Day 2020 dengan mengusung tema "Immunity: Prevention and Prediction”. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Prodia Scientific Day 2020 digelar secara virtual. 

Baca juga : Bogor dan Bayuwangi Punya Jurus Jitu Gerakan Ekonomi Di Tengah Pandemi

Acara yang digelar pada 25 dan 26 September 2020 ini mengundang ratusan peserta, termasuk para profesional medis dari berbagai keahlian di seluruh Indonesia seperti ahli endokrin, kebidanan dan ginekolog, internis, hepatologist, patologi klinis dan sebagainya. Acara tahunan ini menjadi wadah bagi para saintis Prodia dan juga para dokter untuk membagikan informasi terbaru dan berdiskusi dalam bidang kesehatan serta penelitian-penelitian yang telah dilakukan, baik oleh Prodia maupun dokter atau scientist yang bekerja sama dengan Prodia. 

“Tubuh manusia secara alami memiliki imunitas yang mampu melawan ancaman dari virus, bakteri dan penyebab penyakit lain yang masuk dalam tubuh. Selain betul-betul menerapkan protokol kesehatan, hal penting yang harus dilakukan untuk bertahan di tengah pandemi ini tentu dengan menjaga imunitas. Tahun ini, Prodia Scientific Day membahas lengkap imunitas yang berkaitan erat dengan nutrisi, penyakit seperti kanker hingga prediksi pengembangan laboratorium generasi berikutnya untuk imunitas,” tutur Direktur Utama PT Prodia Widyahusada Tbk Dewi Muliaty.

Baca juga : Kemenag Siapkan Regulasi Umrah di Masa Pandemi

Menyajikan 11 topik ilmiah menarik, Prodia Scientific Day menghadirkan beberapa pembicara yang kompeten dalam bidangnya. Selain Dewi, ada Komisaris Utama Prodia Andi Wijaya yang memaparkan topik “Gut Microbiota and The Immune System”. Lalu dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K) yang memberikan informasi terkait “Nutrition and Immunity: Balancing Diet and Immune Function” di hari pertama.

Pada hari kedua, hadir Prof. dr. Amin Soebandrio, PhD, SpMK(K) yang memberikan informasi terkait “Update on COVID-19 Vaccine and Herd Immunity”. Selanjutnya, Prof. Siti Budina Kresna dr., SpPK(K) yang memaparkan topik “The Influence of Microbiota on Cancer, Immunity, and Cancer Immunotherapy.” 

Baca juga : PERHUMAS Sebarkan Optimisme Di Tengah Pandemi Covid-19

Dewi berharap, The 5th Prodia Scientific Day 2020 bermanfaat bagi banyak pihak sejalan dengan komitmen Prodia dalam mendukung upaya Pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia. Saat ini, Prodia terus memperbesar kapasitas pemeriksaan SARS-CoV-2 RNA (RT-PCR Covid-19) dengan menggunakan fully automated Cobas 6800 di Laboratorium Pusat Rujukan Nasional (PRN) Prodia, Jakarta, sehingga jumlah pemeriksaan RT-PCR Covid-19 dapat ditingkatkan mendekati 2.000 tes per hari. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.