Dark/Light Mode

Tinjau Kawasan Las Sengok

Pangdam II Sriwijaya Kagumi Wisata Di Tulang Bawang Barat

Sabtu, 10 Oktober 2020 21:51 WIB
Panglima Kodam II (Pangdam II) Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi (kanan) dan Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad di kawasan Las Sengok, Tulang Bawang Barat, Sabtu (10/10). (Foto: Istimewa(
Panglima Kodam II (Pangdam II) Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi (kanan) dan Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad di kawasan Las Sengok, Tulang Bawang Barat, Sabtu (10/10). (Foto: Istimewa(

RM.id  Rakyat Merdeka - Panglima Kodam II (Pangdam II) Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi berkunjung ke Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), Provinsi Lampung, Sabtu (10/10). Agus Suhardi bersama dengan pejabat dan masyarakat sekitar mengikuti kegiatan Jelajah alam dengan mengendarai motor trail.

Kegiatan jelajah alam ini dimulai pukul 08.00 WIB, start dari Komplek Islamic Center Panaragan Jaya yang merupakan ibu kota Kabupaten Tubaba. Jelajah alam dilanjutkan dengan melewati  berbagai kawasan wisata dan berakhir sore hari sekitar pukul 15.00 WIB di Berugo Cottage, yang berada tidak jauh dari titik start.

Bupati Tulang Bawang Barat, Umar Ahmad, memperkenalkan beberapa destinasi wisata yang ada di daerahnya kepada Agus Suhardi, sekaligus menjelaskan konsep pembangunan yang sedang dilaksanakan di Kabupaten Tubaba.

Baca juga : Kasian, Rakyat Mulai Kurangi Porsi Makan

Umar Ahmad mengatakan Kabupaten Tubaba mengusung konsep pembangunan berbasis budaya dan ekologi. Daerah ini membangun beberapa kawasan wisata dengan tetap mengedepankan kelestarian alam.

Umar Ahmad adalah salah satu kepala daerah yang pada tahun 2020 mendapatkan Anugerah Kebudayaan dari PWI Pusat yang diserahkan pada puncak Hari Pers Nasional, di Banjarmasin, pada Februari 2020 lalu.

Agus Suhardi memberi apresiasi atas konsep pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Baca juga : Kementan Sigap Tangani Dampak Perubahan Iklim Di Kalimantan Barat

Menurutnya, Kabupaten Tubaba telah merespon kebutuhan masa yang akan datang, yaitu pembangunan yang berbasis budaya dan ekologi.

Agus Suhardi menambahkan salah satu bentuk respon itu adalah dengan dikembangkannya kawasan "Las Sengok" yang merupakan produk kebudayaan masa lalu sekaligus masa depan. “Saya telah menjadi saksi bahwa Tubaba sudah memulainya,” ujarnya.

Sekadar informasi kawasan Las Sengok adalah lokasi yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat, berbentuk taman dengan banyak bebatuan yang besar. Kawasan ini dijuluki sebagai "Gerbang Selatan Bumi".

Baca juga : Banjir dan Longsor Landa 6 Kecamatan di Aceh Barat Daya

Sejak Februari 2020 lalu, lokasi ini telah menjadi pusat kegiatan event internasional Milenium Megalithic Art (MMA) yang dihadiri seniman dari mancanegara. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.