Dark/Light Mode

Jawa Tengah Ranking Satu

Dalam Sepekan, 5 Provinsi Cetak Kenaikan Jumlah Kasus Covid Tertinggi

Selasa, 13 Oktober 2020 20:23 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito (Foto: Satgas Covid-19)
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito (Foto: Satgas Covid-19)

 Sebelumnya 
Perkembangan kasus Corona di tingkat nasional, menurut Wiku mengalami penurunan dari pekan sebelumnya. Namun pekan ini kembali ada kenaikan. "Pada tingkat nasional setelah di minggu lalu mengalami penurunan kasus positif, ternyata di minggu ini kembali terjadi kenaikan kasus positif sebesar 5,9 persen. Hal ini yang seharusnya kita sama-sama hindari," jelasnya.

Untuk wilayah atau provinsi yang masih mengalami kenaikan, Wiku meminta agar provinsi itu terus mengevaluasi penerapan protokol kesehatan.

Baca juga : Mentan Pantau Jalannya Produktivitas Pertanian Di Pulau Buru

Ia menyampaikan apresiasi kepada beberapa daerah karena berhasil menekan penyebaran kasus Corona. "Kami mengapresiasi Provinsi Maluku, Riau, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Aceh, yang pada pekan sebelumnya masuk ke dalam lima besar kasus tertinggi Covid, pekan ini berhasil keluar," ujarnya.

Wiku meminta pada lima daerah ini terus mempertahankan prestasinya. Ia berharap tidak ada lagi penambahan kasus Corona di lima daerah ini. "Hal ini dapat dipertahankan agar penambahan kasus positif dapat terus menurun, bahkan menjadi tak ada penambahan kasus sama sekali," jelasnya. 

Baca juga : Kemenhub: Angka Kesembuhan Pegawai Yang Kena Covid Di Atas 70 Persen

Selain itu Wiku juga menjelaskan, kasus kesembuhan dari Covid-19 terus meningkat setiap minggu. Khusus pekan ini, persentase kesembuhan Covid-19 nasional meningkat 4,4 persen.

Data ini merupakan perbandingan kasus sembuh dari Covid-19 untuk periode tanggal 5 sampai 11 Oktober 2020 dengan periode 28 September sampai 4 Oktober 2020.

Baca juga : Kenaikan Jumlah Kasus Positif Belum Turun Dari Angka 4.000

Lima propinsi yang mengalami peningkatan kasus sembuh sangat tinggi, menurut Wiku adalah Jawa Barat naik sebesar 2.055 dari 1.276 menjadi 3.331 kasus sembuh.Kemudian Sumatera Barat naik 466 dari 756 menjadi 1.222 kasus sembuh.

Lalu Kepulauan Riau naik 379 dari 167 menjadi 546 kasus sembuh. "Dan Jawa Tengah naik 324 dari 1.435 menjadi 1.759 kasus sembuh disusul Kalimantan Timur naik 190 kasus, dari 1.021 menjadi 1.221, " pungkas Wiku. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.