Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Membisu Usai Konferensi Pers

Terawan Kumat Lagi

Selasa, 20 Oktober 2020 07:12 WIB
Menkes Terawan Agus Putranto (Foto: Istimewa)
Menkes Terawan Agus Putranto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto kembali ke sifat aslinya. Nggak mau banyak muncul, juga nggak mau banyak bicara. Padahal, banyak orang meminta dirinya lebih banyak tampil dan lebih banyak bicara. 

Beberapa kali, sebenarnya Terawan mulai kelihatan rajin buka mulut, tapi kemarin, dia kumat lagi. Usai Rapat Kabinet di Istana Negara, Terawan ikut jumpa pers, tapi dia memilih membisu. Padahal, yang sedang diomongkan soal Corona

Kemarin siang, Presiden Jokowi menggelar Ratas dengan tema: Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Libur Panjang Akhir Oktober Tahun 2020. Sejumlah menteri/kepala badan dipanggil. Ada Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, dan tentunya Terawan.

Baca juga : Doni Monardo Apresiasi Ponpes Yang Terapkan One Gate System

Usai rapat, Presiden menginstruksikan menteri terkait memberi keterangan ke publik. Konferensi pers itu dikomandoi Muhadjir. Tito, Doni, dan Terawan mendampingi. Keempatnya berjejer di depan podium. Memakai masker, dan saling jaga jarak. Konferensi pers ini disiarkan secara langsung di YouTube Sekretariat Presiden.

Layaknya diskusi, Muhadjir jadi moderatornya. Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu memberikan pendahuluan mengenai hasil Ratas, kemudian menggilir para pendampingnya untuk memberi penjelaskan ke publik.

Dalam pendahuluannya, Muhadjir menyatakan, cuti bersama Maulid Nabi Muhammad pada 28 dan 30 Oktober tidak dibatalkan. Dengan begitu, akan ada libur panjang dimulai Rabu (28/10) sampai Minggu (1/11). Kata Muhadjir, Presiden meminta kepada para menteri untuk mewaspadai libur panjang ini, agar penyebaran Covid-19 tidak semakin luas. 

Baca juga : Sinergi Melewati Masa Pandemi, Kemiren Asri Berdayakan Kelompok Ibu Siaga Covid

Setelah itu, Muhadjir mempersilakan menteri di sampingnya tampil. Karena ini berkaitan dengan kebijakan masing-masing daerah mengantisipasi libur. Muhadjir mengurut, yang pertama maju adalah Tito, kemudian Terawan, terakhir Doni.

Setelah Muhadjir turun dari podium, Tito naik. Mantan Kapolri ini menyebut, peran kepala daerah sangat penting untuk mencegah penyebaran Covid-19 saat libur panjang. Contohnya, kepala daerah bisa memantau tempat wisata agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sekitar 5 menit, Tito selesai. Muhadjir lalu mempersilakan Terawan maju. "Dari Pak Menkes, ada (pernyataan)?" tanya Muhadjir, sembari menoleh ke arah Terawan. Seketika, suasana menjadi canggung. Muhadjir dan Tito saling pandang. Sedangkan Terawan, tampak cuek aja. "Sudah, cukup," jawabnya, datar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.