Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sembilan Bulan Buron, KPK Masih Pede Bisa Nangkep Harun Masiku

Jumat, 23 Oktober 2020 18:02 WIB
Harun Masiku (Foto: Istimewa)
Harun Masiku (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) optimis dapat menangkap eks caleg PDIP Harun Masiku, yang sudah sembilan bulan berstatus buronan.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, komisinya telah melakukan evaluasi sebagai upaya menyusun strategi kembali dalam pencarian Harun Masiku.

"KPK tetap optimistis bisa menangkap yang bersangkutan," ujar Ali lewat pesan singkat, Jumat (23/10).

Baca juga : Kementan Kumpulkan Distributor Untuk Permudah Petani Akses Pupuk Subsidi

Ali menuturkan, evaluasi yang dilakukan terkait tempat-tempat dan informasi yang diperoleh tim KPK. Selain itu, oordinasi antara KPK dan kepolisian dalam mencari Harun.

"KPK masih terus mencari keberadaan yang bersangkutan. Segala info yang masuk kami terima, dan telah ditindaklanjuti," tegasnya.

Sebelumnya, Deputi Penindakan KPK Karyoto menyatakan, pimpinan KPK mengevaluasi tim satuan tugas (satgas) yang memburu Harun Masiku.

Baca juga : Kementan Dorong Korporasi Petani Bawang Merah Di Kulonprogo

"Iya, yang jelas dievaluasi, terutama satgasnya yang bertanggung jawab," kata Deputi Penindakan KPK Karyoto di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (22/10).

Pencarian buron ini memang menjadi salah satu perhatian dari pimpinan. Untuk itu, Karyoto mengatakan tim di Kedeputian Penindakan akan terus berupaya menangkap para buron KPK.

 "Tentunya bagi kami ini tentu harus dipicu lagi tentang bagaimana cara mencari buronan dalam sistem korwil korsup itu kita membantu mencari DPO. DPO sendiri masih terbengkalai. Ini tidak terbengkalai. Artinya  tidak ada informasi yang signifikan. Kita punya di DPO Harun Masiku kemudian yang Aceh, Izil Azhar, Samin Tan, dan Hendra," ucapnya.

Baca juga : Temui Pasukan Bantuan Pengamanan Parlemen, Bamsoet Beri Bantuan Makanan

Karyoto kemudian mencontohkan tim satgas yang menangani Nurhadi. Ia menyebut, tim Satgas kasus Nurhadi itu selama 2 bulan tidak berhenti mencari informasi. Hingga akhirnya, menangkap Nurhadi.

"Seperti satgas Nurhadi, mungkin 2 bulan di lapangan cari informasi. Ketika ada di Surabaya, lari ke Surabaya, lalu ada informasi di Jakarta. Namanya buronan, ya terus moving. Bersyukur, kita bisa tangkap Nurhadi," sebutnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.