Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dihantam Virus Corona

6,5 Juta Pekerja Wisata Ambruk

Minggu, 25 Oktober 2020 06:42 WIB
Ilustrasi. (Antara Foto)
Ilustrasi. (Antara Foto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pekerja di sektor pariwisata babak belur akibat pandemi Virus Corona (Covid-19). Setidaknya, sudah setengah pekerja pariwisata tak mampu bertahan.

Direktur Wisata Alam Budaya dan Buatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Alexander Reyaan mengatakan, pekerja pariwisata dalam negeri tinggal 6,5 juta orang dari sebelumnya 13 jutaan.

“Terasanya (Covid-19) Indonesia kan mulai Maret (2020). Bahkan untuk destinasi wisata yang wisatawannya dari China sudah terasa sejak Januari-Februari,” kata Alexander, kemarin.

Baca juga : HAPI Gelar Pengangkatan Advokat

Menurut dia, hal itu bukan hanya terjadi di dalam negeri. Tapi juga di mancanegara. Secara global, pandemi telah memangkas 50 juta pekerjaan di sektor pariwisata.

Pekerja pariwisata di benua Asia yang paling banyak terdampak pandemi ketimbang benua-benua lainnya.

Dari sisi tren, Alexander mengatakan, wisatawan lebih memilih wisata dalam negeri sendiri dan tak melakukan perjalanan luar negeri.

Baca juga : Tak Terpengaruh Corona, Kinerja Pelni Moncer

Nah, untuk mendorong menggeliatnya kembali sektor pariwisata Tanah Air yang terdampak pandemi, pihaknya akan menggelontorkan dana hibah kepada pemerintah kabupaten dan kota.

Anggarannya sekitar Rp 3,3 triliun. Dia pun mendorong unit-unit usaha pariwisata bangkit. “Ini sedang tahap akhir mendistribusikan,” ungkapnya.

Industri pariwisata, menurut Alexander, di beberapa daerah belum bergerak normal, kendati sudah buka kembali sejak Juni-Juli 2020. Hal ini bisa dilihat di Bali, yang merupakan magnet bagi wisatawan mancanegara.

Baca juga : Mensos Percepat Tangani Stunting

“Orang Bali itu kulturnya jadi tuan rumah yang baik, bukan wisatawan. Ini kami sedang meluncurkan program Bali Bangkit agar terdengar masyarakat atau wisatawan dunia,” ucap Alexander. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.