Dark/Light Mode

Bakal Disuntikkan Tahun 2022

Vaksin Merah Putih Jadi Bukti Kemandirian Indonesia

Sabtu, 31 Oktober 2020 06:17 WIB
Menristek BRIN Bambang Brodjonegoro (kiri) saat kunjungan ke Bio Farma Bandung untuk mempersiapkan vaksin Merah Putih beberapa waktu lalu. (Foto: Instagram)
Menristek BRIN Bambang Brodjonegoro (kiri) saat kunjungan ke Bio Farma Bandung untuk mempersiapkan vaksin Merah Putih beberapa waktu lalu. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Netizen mendukung langkah pemerintah yang akan menyiapkan Vaksin Merah Putih pada 2022.

"Vaksin Merah Putih merupakan vaksin murni buatan dalam negeri,” kata Moma Naya.

Kaka menimpali. Dia memastikan, Vaksin Merah Putih merupakan vaksin murni buatan dalam negeri yang dibuat menggunakan strain Covid-19 Indonesia.

Baca juga : Enam Institusi Kembangkan Vaksin Merah Putih

Saat ini, vaksin tersebut tengah dikembangkan Lembaga Bio Molekuler (LBM) Eiijkman. “Perkembangan saat ini sudah 50 persen,” ungkapnya.

“Sambil menunggu vaksin buatan Indonesia, pemerintah tetap membuka diri tetap bekerja sama dengan pihak lain,” ujar NayDonuts.

Rethaa menyambung. Dia bilang, Vaksin Merah Putih saat ini sedang diuji oleh sejumlah lembaga dan perguruan tinggi. tahun depan, vaksin akan diserahkan ke Bio Farma untuk uji klinis tahap 1, untuk mengetahui efek samping.

Baca juga : Satu Laut yang Menyatukan Indonesia

“Selanjutnya tahap 2 untuk mengetahui keamanan bagi tubuh. Tahap 3 adalah finalisasi,” jelas Rethaa.

Eilithia berharap, Vaksin Merah Putih akan rampung pada pertengahan 2021. Kata dia, vaksin ini menggunakan strain virus yang ada di Indonesia.

Menurut Tatanapisah, nantinya seluruh pabrik swasta siap menambah kapasitas produksi Vaksin Merah Putih. jika ditotal mencapai 1,3 miliar dosis per tahun. “Jika proses investasi telah rampung dan izin dari Badan POM sudah dikantongi,” ujarnya.

Baca juga : Ibas: Petani Produktif dan Sejahtera, Indonesia Maju

Bringas3006 mengatakan, vaksin melatih tubuh untuk kenal, melawan dan kebal dari penyebab penyakit seperti virus dan bakteri. “Yuk kita kenali Vaksin Merah Putih,” ajak dia.

Benno_1106 memuji kegigihan pemerintah membuat Vaksin Merah Putih. Kata dia, kerja cerdas dan kerja keras tersebut merupakan wujud pemerintah peduli dan sangat memperhatikan rakyatnya.

“Dengan jumlah penduduk di Indonesia yang banyak, maka Vaksin Merah Putih telah disiapkan. jadi tunggu saja,” kata dia. “Vaksin Merah Putih, bukti kemandirian Indonesia dalam pembuatan vaksin untuk negeri,” tandas Zura Yoochun. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.