Dark/Light Mode

Badan POM Terus Kawal Keamanan, Khasiat, dan Mutu Vaksin Covid-19

Selasa, 3 November 2020 20:35 WIB
Badan POM Terus Kawal Keamanan, Khasiat, dan Mutu Vaksin Covid-19

 Sebelumnya 
Togi menjelaskan, saat ini di Indonesia sedang dilakukan uji klinik vaksin Covid-19 yang dikembangkan Sinovac. Hasil sementara atau interim untuk jangka tiga bulan, akan selesai pada akhir tahun. Laporannya akan diberikan kepada Badan POM pada awal Januari 2021.

Uji klinik ini juga sudah lebih dulu dilakukan di Brazil. Untuk EUA, ada fleksibilitas tertentu yang diterapkan dalam proses pemberian izin edar.

Baca juga : NTP dan NTUP Terus Naik, Kementan Beri Apresiasi Petani

“Jadi, misalnya untuk keamanan, kami bisa menerima hasil uji klinik fase satu dan dua. Sedangkan untuk khasiatnya, selain mendapatkan data kekebalan tubuh yang diproduksi setelah penyuntikan vaksin, kami bisa menerima data dari hasil laporan interim selama tiga bulan. Tentunya diharapkan uji klinik ini akan berlangsung terus sehingga Badan POM dapat terus melakukan pengawalan,” terang Togi.

Pengawasan

Baca juga : Perusahan Korea Ikut Pasok Alat Tes Covid-19

Terkait pendistribusian vaksin COVID-19, Badan POM juga akan mengawasi rantai distribusi untuk memastikan mutu vaksin.

Vaksin membutuhkan kondisi penyimpanan khusus pada temperatur 2–8 derajat celsius. Manajemen rantai dingin ini merupakan hal yang krusial untuk menjaga mutu vaksin sampai ke pengguna.

Baca juga : Jurnalis Berperan Penting Sebarkan Informasi Vaksinasi Covid-19

“Setelah proses pemberian vaksin dilaksanakan, Badan POM terus melakukan pengawasan untuk aspek keamanan melalui program kegiatan pemantauan efek samping atau yang dikenal dengan farmakovigilans,” ujar Togi.

Untuk itu, diperlukan kerja sama dan partisipasi dari seluruh tenaga kesehatan di lapangan dan industri farmasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.