Dark/Light Mode

Pantauan Di 173.079 Tempat Wisata Saat Libur Panjang

Disiplin Warga Menerapkan Protokol Kesehatan Kendor

Kamis, 5 November 2020 06:29 WIB
Anggota Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah. (Dok. BPNB)
Anggota Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah. (Dok. BPNB)

 Sebelumnya 
Penurunan yang cukup tinggi terjadi pada Sabtu 31 Oktober 2020, yakni hampir mencapai 5 persen. Dari pekan sebelumnya 83,31 persen menjadi 78,49 persen.

Sementara, pada 1 November 2020, persentase kepatuhan orang menjaga jarak di tempat wisata menurun hampir 3 persen dari 80,12 persen menjadi 77,80 persen.

Baca juga : Warga DKI Setengah Hati Patuhi Protokol Kesehatan

Menurut Dewi, salah satu penyebab turunnya tingkat kepatuhan terhadap prokes di tempat wisata selama libur panjang, yakni orang berkumpul dalam satu tempat dan waktu bersamaan dengan jumlah banyak.

“Jadi kemungkinannya orangnya banyak, berkumpul dalam satu waktu akhirnya kemampuan untuk menjaga jarak sulit,” ungkapnya.

Baca juga : RSD Wisma Atlet Siaga Tempat Tidur Dan Nakes

Monitoring ini dilakukan oleh jajaran TNI, Polri dan seluruh duta perubahan perilaku termasuk di dalamnya Satpol PP.

“(Hasil monitoringnya) banyak sekali laporan masuk setiap harinya. Total sudah lebih dari 50 juta sekarang, sekitar sudah satu bulan lebih berjalan,” katanya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.