Dark/Light Mode

Jangan Khawatir, Pemerintah Pastikan Vaksin Aman Dan Lolos Uji Klinis

Jumat, 6 November 2020 18:38 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (Foto : Istimewa)
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat diimbau tidak resah terkait vaksin corona. Pemerintah memastikan vaksin aman dan sesuai dengan rekomendasi organisasi kesehatan dunia (WHO).

"Saya ingin menghimbau agar masyarakat tidak resah dan khawatir, karena pemerintah pasti akan menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji klinis sesuai rekomendasi WHO," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito melalui keterangan pers secara daring pada Kamis (5/11/2020).

Baca juga : Menko PMK: Pemerintah Tetap Salurkan Bansos Di Tahun 2021

Menuru Wiku, ada beragam jenis vaksin potensial yang sedang dikembangkan di berbagai belahan dunia dan telah masuk uji klinis fase 3. Dan banyak masyarakat menaruh harapan terhadap ketersediaan vaksin.

"Saat ini pemerintah melalui Kementerian Kesehatan juga sedang fokus untuk menyelesaikan peta jalan atau roadmap Vaksinasi Covid-19. Roadmap ini nantinya akan menjadi panduan dalam tahapan vaksinasi termasuk panduan yang mengatur tentang penerima vaksin, jadwal vaksin dan alur distribusi vaksin," jelas Wiku.

Baca juga : Pemerintah Finalisasi Roadmap Vaksinasi

Salah satu langkah pemerintah adalah mengakselerasi persiapan logistik dan SDM untuk persiapan vaksin Covid-19. Pendistribusian vaksin akan disesuaikan dengan urutan prioritas seperti kelompok berisiko serta penduduk dengan risiko wilayahnya.

"Meski demikian kami berharap tidak semata-mata menunggu vaksin dan mengabaikan protokol kesehatan. Untuk saat ini, taat protokol kesehatan adalah satu-satunya jalan terhindar dari Covid-19," pesan Wiku. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.