Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Soroti Pernyataan BPOM

Netizen Happy Pemerintah Jamin Vaksin Covid Aman

Selasa, 27 Oktober 2020 06:05 WIB
Soroti Pernyataan BPOM Netizen Happy Pemerintah Jamin Vaksin Covid Aman

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat tak perlu khawatir dengan kondisi vaksin Corona. Insya Allah aman. Satgas Penanganan Covid-19 meminta masyarakat tidak khawatir terhadap keamanan vaksin Covid-19 yang akan disuntikkan.

Jaminan vaksin Corona aman dikatakan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Dia menegaskan, pengadaan vaksin Corona telah dikawal oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Mulai dari evaluasi terhadap protokol uji klinis, hingga inspeksi dengan tujuan memastikan keamanan dan efektivitas vaksin.

“Selain itu, persyaratan mutu produk, sarana produksi vaksin dan penyelesaian produk juga diperhatikan,” jelas Wiku dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis (15/10).

Baca juga : Berkonsep Green Building, Ini Penghematan Gedung HO Pertamina Kilang Cilacap

Sehingga, lanjut Wiku, bila ada izin edar obat oleh BPOM, maka vaksin Corona sudah sesuai dengan hasil yang didapatkan. Dia bilang, sejauh ini belum ada laporan efek samping dari relawan terhadap uji klinis vaksin Corona.

Terkait vaksinasi yang akan dilakukan, Wiku mengungkapkan, saat ini roadmap vaksinasi sedang disiapkan oleh pemerintah. Terutama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang didukung lembaga lain dalam komite.

Vaksinasi dilakukan berdasarkan tingkat risiko yang dimiliki masyarakat. “Diharapkan peta jalan ini bisa diselesaikan dan jadi langkah konkret dan bisa disampaikan dalam program vaksin ini,” terang dia.

Wiku menambahkan, rincian vaksinasi dalam tahap finalisasi akan mempertimbangkan kriteria dan prioritas penerima yang mengacu pada Perpres. Pemerintah tetap akan mengutamakan asas keadilan dalam distribusi dan alokasi vaksin Corona Ini.

Baca juga : Rerie Imbau Pemerintah Cegah Penolakan Vaksin Corona

“Masyarakat mohon bersabar menunggu informasi Satgas dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” tambahnya.

Netizen dengan nama NoviSulilawati sangat yakin vaksin Covid-19 yang akan disuntikkan kepada masyarakat Indonesia, aman. Soalnya, vaksin tersebut sudah melalui verifikasi lembaga berwenang.

Senada, Cecenet98 juga meyakini vaksin Corona yang disediakan pemerintah berkualitas dan aman. Dalam situasi seperti sekarang, kualitas dan keamanan vaksin sangat dibutuhkan.

“Semoga bisa berjalan lancar dan semua bisa merasakannya,” ungkapnya.

Baca juga : Agar Tepat Sasaran, Pemerintah Siapkan Aturan Penyebaran Vaksin

Begitupun dengan Yantialif2. Dia yakin prioritas utama pemerintah adalah vaksin yang aman dan berkualitas. Dia juga berharap, pendistribusian vaksin bisa berjalan efektif dan merata ke seluruh daerah di Indonesia.

”Semoga pandemi ini bisa berakhir cepat,” pinta Yantialif2 dalam doanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.