Dark/Light Mode

Peduli Stunting

Perempuan Jenggala Bagi-bagi Paket Bantuan Di Ciputat Dan Ciracas

Kamis, 12 November 2020 11:52 WIB
Ketua Umum Perempuan Jenggala, Vicky W Kartiwa. (Foto: ist)
Ketua Umum Perempuan Jenggala, Vicky W Kartiwa. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional, Perempuan Jenggala (PJ) mengadakan kegiatan bakti sosial. Hal ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak wabah pandemi Virus Corona. 

Ketua Umum PJ, Vicky W Kartiwa mengatakan, kegiatan bakti sosial kali ini diadakan di daerah Ciputat dan Ciracas. Menjadi kegiatan rutin. Khususnya di masa-masa sulit seperti ini.

Baca juga : Ketua KPK: Dua Kepala Daerah Akan Ditahan Pekan Depan

"Bukan hanya pada saat menyambut Hari Kesehatan Nasional saja," kata Vicky dalam keterangan sambutannya yang diterima wartawan, Kamis (12/11).

Menariknya, kegiatan baksos kali ini dirangkai dengan sosialisasi peduli stunting. Sebagai upaya pencegahan meningkatnya kasus stunting di Indonesia. Terlebih, kebutuhan gizi anak pada saat pandemi Covid-19 menjadi satu hal yang harus diperhatikan orang tua. Sebab, hal itu dapat menjaga imunitas anak. 

Baca juga : Mahfud Minta Lembaga Penyiaran Tangkal Hoaks UU Ciptaker Dan Covid-19

Berdasarkan Pemantauan Status Gizi (PSG) yang digelar Kementerian Kesehatan menunjukkan hasil: Pertama persentase anak di bawah lima tahun (balita) Indonesia yang mengalami stunting sebesar 29,6 persen. Kedua persentase ini lebih tinggi dibandingkan dengan standar persentase stunting yang ditetapkan oleh WHO, yaitu 20 persen.

Hal inilah yang mendorong PJ untuk mengambil peran dalam pencegahan meningkatnya kasus stunting di Tanah Air. Pemenuhan gizi anak, menurut Vicky, harus tetap diperhatikan. Tujuannya untuk menjaga imunitas anak agar terhindar dari infeksi virus Covid-19. "Imunitas tubuh erat kaitannya dengan cukup atau tidaknya asupan makan anak. Ini akan berpengaruh langsung terhadap status gizi dan imunitasnya.” ujarnya.  

Baca juga : Pemuda Papua Hingga Lembaga Keagamaan Merasakan Manfaat Dana Otsus

Asupan anak juga harus menjadi konsentrasi semua pihak. Terlebih di masa pandemi seperti ini. Dia menilai banyak orang tua yang sulit memenuhi kebutuhannya apalagi memberikan makanan layak pada anak-anak mereka. "Maka kita harus mendukung pemerintah dalam memberikan asupan gizi seimbang kepada para balita," terangnya.

Pada kegiatan baksos kali ini, PJ memberikan dua paket bantuan. Paket pertama berisi sembako dan kebutuhan pokok. Paket kedua berisi makanan pendamping untuk ibu hamil dan balita, hygiene kit, serta sosialisasi protokoler Kesehatan 3M: Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.