Dark/Light Mode

Digarap Marzuki Alie, KPK Gali Duit Pinjaman Buat Hiendra Soenjoto

Senin, 16 November 2020 21:29 WIB
Gedung KPK. (Foto: ist)
Gedung KPK. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini memeriksa eks Ketua DPR Marzuki Alie dalam kasus suap-gratifikasi pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA). Dia digarap sebagai saksi untuk tersangka bos PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) Hiendra Soenjoto. 

Apa yang didalami penyidik dari Marzuki Alie? 

Baca juga : Agar Mesin Awet, Gunakan BBM Sesuai Teknologi Kendaraan

"Marzuki Alie, mantan Ketua DPR RI, dikonfirmasi terkait dengan penyebutan nama yang bersangkutan dalam komunikasi percakapan antara tersangka HS dengan Hengky Soebrata," ungkap Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri lewat pesan singkat, Senin (16/11) malam. 

Hengky Soebrata, Direktur PT Mitra Abadi Rahardja, adalah kakak Hiendra. Dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu (11/11), Hengky yang bersaksi bagi eks Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi dan menantunya Rezky Herbiyono menyebut adiknya, Hiendra, pernah ingin menggunakan uang pinjaman dari Marzuki sekitar Rp 6 miliar-Rp 7 miliar untuk mengurus sengketa hukum. 

Baca juga : PSBB Transisi DKI Kerek Penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta

Imbalannya, Marzuki akan masuk menggantikan Azhar Umar menjadi Komisaris PT MIT. 

Terpisah, Marzuki sendiri membantahnya. Dia menyebut ucapan Hengky ngawur. "Tidak ada kami ngurusin kasus, asal nyebut. Tunjukin saja buktinya transfer duit, mana tunjukin buktinya," ujar Marzuki usai diperiksa di Gedung KPK, Jl. Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (16/11). 

Baca juga : Ogah Tarung Wajib, Gelar WBA Pacman Bisa Dicopot

"Itu ngawur kok, minjemin duit tidak ada urusannya, memangnya duit sedikit Rp 6 miliar, lucu kan," imbuhnya. 

Dalam kasus ini, Nurhadi dan Rezky didakwa menerima suap sejumlah Rp 45,726 miliar dari Hiendra Soenjoto dan gratifikasi senilai Rp 37,287 miliar dari sejumlah pihak pada periode 2014-2017. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.