Dark/Light Mode

Open Access Perpustakaan Digital Bikin Masyarakat Jelajahi Pengetahuan Tanpa Batas

Senin, 30 November 2020 16:22 WIB
Webinar dengan tema, Perpustakaan Digital:Penjelajahan Pengetahuan dan Transformasi, yang diselenggarakan Perpusnas dengan Forum Perpustakaan Digital Indonesia (FPDI), Senin (30/11). (Foto: Dok. Perpusnas)
Webinar dengan tema, Perpustakaan Digital:Penjelajahan Pengetahuan dan Transformasi, yang diselenggarakan Perpusnas dengan Forum Perpustakaan Digital Indonesia (FPDI), Senin (30/11). (Foto: Dok. Perpusnas)

 Sebelumnya 
“Perpustakaan digital muncul dalam berbagai bentuk dan wujud, digunakan oleh berbagai jenis pemakai serta berbagai keperluan dan dalam berbagai konteks, media dan konten. Perpustakaan digital benar-benar bersifat interdisipliner serta mengalami transformasi dalam berbagai bidang,” terangnya.

Baca juga : Kalahkan 32 Perusahaan Global, BNI Jadi Pengembang API Portal Terbaik

Sementara itu, Ismail Fahmi sebagai inisiator Indonesia OneSearch, menyampaikan, ilmu pengetahuan merupakan fakta yang didapat dari proses pembelajaran dan pengalaman manusia, setelah dikodifikasi kemudian disimpan dalam galeri, perpustakaan, arsip dan museum sebagai objek. “Objek yang sudah didigitalkan ini kemudian disimpan dan diolah dalam repositori (perpustakaan) digital,” katanya. 

Baca juga : Top, Kemenhub Sukses Pertahankan Predikat Sebagai Badan Publik Yang Informatif

Dia menjelaskan, perkembangan teknologi memungkinkan eksplorasi ilmu pengetahuan tersimpan dalam perpustakaan digital. “Indonesia OneSearch telah bereksperimen dengan aplikasi IOS Explorer dan IOS Explorer dan IOS CiteMiner untuk ilmu pengetahuan dalam repositori yang dikumpulkan dari mitra,” jelasnya.

Baca juga : Ringankan Beban Masyarakat Di Masa Pandemi, Appi-Rahman Gagas Penghapusan Sejumlah Pajak

Webinar ini merupakan kerja sama Perpusnas dengan Forum Perpustakaan Digital Indonesia (FPDI), sebagai pengganti Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPID) ke-13 yang sedianya diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah. Ketua FPDI Jonner Hasugian menyampaikan, kegiatan dialihkan menjadi daring untuk menekan penyebaran Covid-19. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.