Dark/Light Mode

Bagi Masyarakat Yang Membutuhkan

LBH Cakra Gratiskan Bantuan Hukum

Sabtu, 19 Desember 2020 14:54 WIB
Bagi Masyarakat Yang Membutuhkan LBH Cakra Gratiskan Bantuan Hukum

RM.id  Rakyat Merdeka - Yayasan Kasih Keadilan Bangsa (YKKB) membentuk Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Cahaya Keadilan Rakyat (Cakra). Acara peresmian kantor di kawasan Kamal, Jakarta Utara ini dihadiri seluruh anggota LBH Cakra dan perwakilan masyarakat setempat dengan mengikuti protokol kesehatan.

Berbeda dengan yang lain, LBH Cakra fokus membantu rakyat kecil dan pencari keadilan yang selama ini selalu berada dalam posisi sulit. Murni membantu, tanpa mencari keuntungan.

"Sehingga kami bisa mengobati perasaan terluka akibat ketidakadilan yang masih kerap dirasakan selama ini," ujar Direktur LBH Cakra, Zevrijn Boy Hendra Kanu dalam acara peresmian LBH Cakra di kawasan Kamal, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (19/12).

Baca juga : Sabam Sirait: Keputusan Jokowi Gratiskan Vaksin Sangat Tepat

Boy menuturkan, LBH ini merupakan sumbangsih anak bangsa untuk pembangunan hukum nasional. LBH Cakra mengutamakan kasih yang berintegritas. Dalam tugasnya membantu rakyat kecil, mereka tak membedakan latar belakang SARA (suku, agama, ras dan aliran).

"Kami ingin melayani yang terbaik tanpa pandang bulu bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan pertolongan," terang pria asal Kupang, NTT ini.

Tim LBH Cakra diisi para advokat senior yang berpengalaman dan matang. Ada juga 8 orang advokat junior yang baru saja disumpah sebagai advokat. "Mereka siap bekerja sama dengan advokat senior dalam LBH Cakra," sebut Boy.

Baca juga : Rekening Bermasalah, Jutaan Pekerja Gagal Terima Bantuan

LBH Cakra juga bekerjasama dengan organisasi advokat Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Perjuangan, yang saat ini telah tersebar di 28 provinsi dan segera akan mencakup seluruh Indonesia.

Boy memastikan, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan LBH Cakra. Misalnya, dalam pelaporan advokasi.

Warga yang ingin melapor, bisa melalui pelaporan online di website www.kasihkeadilanbangsa.or.id. "Masyarakat silakan konsultasi melalui medsos, dan offline dengan mengedepankan protokol kesehatan bagi pencari keadilan," tuturnya.

Baca juga : Kebiasaan Sarapan, Dorong Anak Disiplin Bangun Pagi

LBH Citra akan mengutamakan pelapor yang tak mampu. Mereka akan melakukan seleksi yang ketat.

Sementara Ketua Yayasan Kasih Keadilan Bangsa, Cannida berharap, LBH Cakra mampu mewujudkan impian keadilan bagi para pencari keadilan. Terutama mereka yang selama ini terzolimi hak-haknya.

"Kami harap, LBH Cakra mampu membuka jaringan dengan segala elemen masyarakat di seluruh Indonesia. Ini demi menegakkan hukum dan keadilan berlandaskan kasih," harapnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.