Dark/Light Mode

Menteri Baru Berkantong Triliunan

Edan, Kalau Masih Garong Duit Rakyat

Kamis, 24 Desember 2020 07:10 WIB
Menteri Baru Berkantong Triliunan Edan, Kalau Masih Garong Duit Rakyat

RM.id  Rakyat Merdeka - Para menteri baru yang dipilih Presiden Jokowi, punya harta yang cukup fantastis. Dua menteri berkantong triliunan rupiah. Lainnya miliaran dan ratusan miliar. Dengan kekayaan segitu, edan, kalau masih garong duit rakyat.

Harta terbanyak dimiliki Sandiaga Uno yang ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menggantikan Wishnutama. Sandi, punya harta Rp 5,09 triliun. Data itu berdasarkan laporan harta kekayaannya ke KPK pada 14 Agustus 2018, saat dia hendak maju sebagai cawapres 2019.

Harta Sandi didominasi surat berharga senilai Rp 4,7 triliun. Sisanya, 15 bidang tanah dan bangunan senilai Rp 191 miliar, dua mobil senilai total Rp 325 juta, dan harta bergerak lainnya Rp 3,2 miliar. Dia juga punya kas dan setara kas Rp 495 miliar, dan harta lainnya Rp 41 miliar, serta utang Rp 340 miliar.

Harta terbanyak kedua, dimiliki Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) per 16 Januari 2020, Trenggono memiliki kekayaan sebesar Rp 1,9 triliun.

Sama seperti Sandi, harta terbanyaknya ada pada surat berharga sebesar Rp 1,6 triliun. Sisanya, 42 aset berupa tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta Selatan, Sragen, Boyolali, dan Bekasi senilai Rp 54 miliar, serta lima mobil dan satu sepeda motor dengan nilai total Rp 6 miliar.

Baca juga : Gatot Dinyinyirin

Harta bergerak Trenggono lainnya sebesar Rp 6 miliar. Sedangkan aset berupa kas dan setara kas sebesar Rp 141 miliar dan harta lainnya sebesar Rp 61 miliar.

Urutan berikutnya, Budi Gunadi Sadikin yang jadi Menteri Kesehatan, dengan harta Rp 161 miliar. Rinciannya, enam bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta, Bekasi dan Bandung dengan nilai keseluruhan Rp 89 miliar. Kemudian, tiga mobil dengan nilai total Rp 1 miliar.

Ia juga mencantumkan laporan kepemilikan harta bergerak lainnya sejumlah Rp 4,3 miliar. Sementara surat berharganya senilai Rp 63,2 miliar serta kas dan setara kas Rp 4,2 miliar.

Kemudian, M. Lutfi yang diangkat jadi Menteri Perdagangan, punya harta kekayaan Rp 123 miliar. Dia terakhir melaporkan kekayaannya ke KPK pada 30 Oktober 2014 sebagai Mendag Kabinet Indonesia Bersatu I.

Harta Lutfi terdiri atas tanah dan bangunan senilai Rp 37,7 miliar, dua unit mobil dan satu motor senilai Rp 2 miliar, harta bergerak lainnya Rp 8,6 miliar. Kemudian surat berharga Rp 85,7 miliar, giro dan setara kas Rp 2,5 miliar, dan utang senilai Rp 13,1 miliar.

Baca juga : Gerindra Tahu Diri

Berikutnya ada Tri Rismaharini yang jadi Menteri Sosial. Hartanya, pada Maret 2019, tercatat Rp 7,1 miliar. Rinciannya, 4 bidang tanah dan bangunan senilai Rp 6,4 miliar, dua mobil senilai Rp 985 juta, harta bergerak lainnya Rp 85 juta, kas dan setara kas Rp 580 juta, serta utang senilai Rp 952 juta.

Dan terakhir, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Dia menteri yang hartanya paling sedikit dibanding para menteri baru lainnya. Berdasarkan LHKPN 19 Juni 2019, hartanya Rp 936 juta.

Hartanya terdiri atas tanah dan bangunan senilai Rp 47 juta, dua mobil senilai Rp 882 juta, harta bergerak lainnya Rp 1,5 juta, serta kas dan setara kas Rp 5,8 juta.

Lalu bagaimana dengan Wakil Menteri yang baru dilantik. Tercatat baru Wamen Pertahanan M Herindra dan Wamen BUMN Pahala N. Mansury. Herindra punya Rp 14,5 miliar, dan Pahala Rp 94 miliar.

Warganet ramai mengomentari harta para menteri dan wamen ini. Banyak yang takjub. “Wuih, harta orang sekampungku kalau dikumpulin semua nggak ada apa-apanya,” seloroh @satria_preda. “Jiwa rakyat jelataku meronta-ronta,” sambung @Wigiarba.

Baca juga : Pertamina Berikan Penghargaan Pada Pelanggan Industri Setia

Ada warganet yang bersyukur. Soalnya, kalau kaya, secara logika seharusnya para menteri ini tak lagi korupsi. Khususnya, yang hartanya triliunan. “Alhamdulillah orang kaya, jadi nggak usah korupsi lagi :),” cuit @manggalasss. “Nggak mungkin dong ya mau korupsi, uangnya dah banyak,” imbuh @Vicky58592149.

Sementara yang lain mengingatkan, kalau masih juga nekat korupsi duit rakyat, para menteri ini kebangetan. “Ya kalau masih garong duit rakyat sih edan. Wong sugih banget gitu,” sambar @arianishindu27. “Iya, kebangetan kalau sampe korupsi,” tambah @ursunflo_.

Sementara @zain_haddy membandingkan harta menteri baru ini dengan dua menteri yang ditangkap KPK, yakni Edhy Prabowo dan Juliari Batubara.

“Menteri-menteri baru ini, kecuali bu Risma sama Yaqut, hartanya jauh di atas Edhy P sama Juliari. Edhy P cuma Rp 7,4 miliar, sementara Juliari Rp 47 miliar. Semoga nggak korupsi lagi ya, udah kaya. Amin,” harapnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.