Dark/Light Mode

Simpanan Di Bank Tembus Rp 6.700 T

Hei Orang Kaya, Ayo Bantu Orang Miskin!

Kamis, 31 Desember 2020 07:30 WIB
Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa. (Foto: Twitter)
Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa. (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - 10 bulan dihajar Corona, ternyata tidak semua orang mengalami kesusahan. Buktinya, sepanjang tahun ini, simpanan duit orang kaya di bank masih terus naik. Angkanya sudah tembus Rp 6.700 triliun. Semoga orang-orang kaya ini rajin bantu orang miskin ya.

Data itu diungkap Lembaga Penjamin Sosial (LPS). Total duit orang-orang kaya yang disimpan di bank mencapai Rp 6.701 triliun. Jumlah simpanan itu tersebar di 110 bank umum.

Baca juga : Paus: Bantulah Orang Miskin

Berdasarkan data yang dirilis LPS, jumlah tabungan orang kaya periode November ke Desember mengalami kenaikan 0,15 persen. Dari Rp 6.691 triliun menjadi Rp 6.701 triliun. Bahkan, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy), ada kenaikan hingga 10,91 persen. Dari Rp 6.042 triliun uang yang tersimpan tahun lalu.

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, berdasarkan data bulan November 2020, menunjukkan peningkatan nominal simpanan dengan tiering di bawah Rp100 juta sebesar 1,1 persen atau Rp 10,49 triliun.

Baca juga : Orang Miskin Makin Miskin

“Tetapi simpanan dengan tiering di atas Rp 5 miliar mengalami penurunan sebesar 0,7 persen atau Rp 22,96 triliun,” kata Purbaya, dalam keterangannya di Jakarta, kemarin.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira Adhinegara mengaku tak kaget dengan fenomena itu. Kata dia, naiknya jumlah simpanan hingga 10 persenan itu menunjukkan, masyarakat kelas atas masih takut membelanjakan uangnya.

Baca juga : Orang Kaya Nahan Belanja Orang Miskin Sulit Belanja

“Terutama yang simpanannya kakap, ini belum menaruh kepercayaan terhadap kinerja pemerintah di bidang ekonomi,” kata Bhima, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.