Dark/Light Mode

Riset I2

Gubernur Top Person 2020: Anies Pertama, Emil Nomor 2

Kamis, 31 Desember 2020 06:40 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sementara itu, untuk posisi 10 Top Influencer atau Kepala Daerah Tervokal dalam isu Covid-19, masing-masing ditempati Anies (221.515 pernyataan), Emil (182.711 pernyataan), Khofifah (11.267 pernyataan), Ganjar (103.827 pernyataan), Riza Patria (36.411 pernyataan), Irwan Prayitno (33.609 pernyataan), Syamsuar (27.309 pernyataan), Edy Rahmayadi (26.484 pernyataan), Wayan Koster (19.707 pernyataan), dan Nurdin Abdullah (10.866 pernyataan).

Riset ini menunjukkan bagaimana strategi komunikasi di kalangan pemerintah daerah dalam menyosialisasikan kebijakan tidak mudah. Terutama pada awal pandemi masuk Indonesia, pro-kontra terkait kebijakan pemerintah cukup kentara. Baik antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, maupun pemerintah daerah dengan masyarakatnya. Namun demikian, satu hal yang diperoleh dari riset ini adalah ketegasan dalam aturan menjadi satu kata kunci di tengah informasi yang berkeliaran di tengah masyarakat.

Versi Medsos

Baca juga : Sampai Saat Ini, Gubernur Anies Sehat Walafiat

Media sosial (medsos) merupakan salah satu bentuk penyaluran ekspresi masyarakat terkait penanganan Covid-19. Berbagai kebijakan yang digulirkan para gubernur terkait isu Covid-19 juga sering menjadi perhatian warganet di media sosial Twitter. Seringkali, para gubernur mengunggah kebijakannya langsung di akun twitternya, hal ini membuat percakapan menjadi lebih dinamis. Sepertinya, para gubernur tersebut tahu dan mampu memanfaatkan media socialnya sebagai salah satu media untuk menyampaikan kebijakan dan termasuk “keluhannya” secara personal.

Di Twitter, Anies tercatat sebagai kepala daerah yang paling banyak diperbincangkan netizen. Total pembicaraan netizen di Twitter mencapai 320.758 dalam bentuk tweet, retweet, quotes, dan reply. Anies juga termasuk figure yang cukup aktif mengunggah berbagai kebijakannya melalui akun Twitter @aniesbaswedan. "Anies termasuk media darling di Twitter. Berbagai pernyataannya seringkali memicu perdebatan di medsos, baik antara mereka yang mendukung penuh seluruh kebijakan Anies, dengan mereka yang mengkritik,” tutur Rustika.

Salah satu isu yang menjadi penggerak percakapan adalah soal kebijakan yang seringkali dianggap tidak sejalur dengan kebijakan pemerintah pusat, seperti masalah PSBB total yang tidak maksimal, atau masalah ketidaktegasan terhadap aturan. Isu kerumunan juga salah satu pemicu kontroversi di Twitter.

Baca juga : Anies Dan Kang Emil Melorot, Prabowo Menguat Ke Puncak

Emil menjadi kepala daerah kedua yang paling dibincangkan netizen dengan 44.263 perbincangan. Emil dibincangkan netizen karena cukup aktif membagikan pemikiran atau kebijakannya terkait penanganan Covid-19 di daerahnya, selain sesekali menyentil kebijakan pemerintah pusat terkait jumlah tes yang minim dan koordinasi buruk di Jabodetabek. Perseteruan dengan Mahfud MD menjadi salah satu isu yang ramai dikomentari.

Khofifah menjadi kepala daerah ketiga yang paling banyak dibicarakan netizen dengan total pembicaraan mencapai 25.282. Salah satu isu yang menarik perhatian netizen adalah konflik Khofifah dengan Risma terkait fasilitas kesehatan paling banyak mendapat perhatian. “Twitter seringkali lebih politis dalam memandang berbagai isu. Hal-hal yang kontroversial, perdebatan, atau perbedaan pandangan antar tokoh seringkali lebih banyak di-retweet atau dikomentari. Demikian juga dengan isu penanganan Covid-19,” tambah Rustika.

Warganet juga seringkali merujuk atau me-mention kepada akun-akun pemerintah daerah. Hal ini mengindikasikan bahwa netizen sangat peduli pada persoalan tersebut, dan berharap agar tokoh yang paling banyak di-mention tersebut memperhatikan isu yang disampaikan netizen. Berdasarkan riset Indonesia Indicator, ada 10 gubernur dan wakil gubernur yang akun Twitternya paling banyak di-mention terkait isu Covid-19.

Baca juga : Biden Cap Trump, Presiden AS Pertama Yang Rasis

Akun @aniesbaswedan berada di posisi pertama dengan 410.818 mention. Akun @ganjarpranowo berada di posisi kedua dengan 139.133 mention. Posisi ketiga ditempati akun @ridwankamil dengan 68.615 mention. Posisi keempat diduduki akun @khofifahIP dengan 33.419 mention. Akun Wakil Gubernur Jawa Timur @EmilDardak menduduki posisi kelima dengan 19.404 mention.

Posisi keenam hingga ke-10 masing-masing ditempati Wakil Gubernur DKI Jakarta @BangAriza 6.727 mention, Wakil Gubernur Jateng @TajYsinMz 4.844 mention, Gubernur Sumatra Barat @irwanprayitno 1.646 mention, Gubernur Sumatra Selatan @hermanderu1967 dengan 970 mention, dan Plt Gubernur Nova Iriansyah @niriansyah 806 mention. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.