Dark/Light Mode

JK: Sebelum Vaksin Siap, PMI Terus Lakukan Pencegahan Covid-19

Selasa, 5 Januari 2021 13:53 WIB
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (kiri) didampingi Sekjen PMI Sudirman Said mengecek kesiapan dan stok Gudang Darurat Penanganan Covid-19 PMI, di Jakarta, Selasa (5/1). (Foto: Dok. PMI)
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (kiri) didampingi Sekjen PMI Sudirman Said mengecek kesiapan dan stok Gudang Darurat Penanganan Covid-19 PMI, di Jakarta, Selasa (5/1). (Foto: Dok. PMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla mengecek kesiapan dan stok Gudang Darurat Penanganan Covid-19 PMI, di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (5/1). Di acara itu, JK, sapaan Jusuf Kalla, menginstruksikan jajarannya untuk segera mendistribusikan stok yang ada kepada PMI di wilayah Jabodetabek.

Berita Terkait : Kasus Corona Daerah Naik, Doni Minta Pemda Reaktivasi Posko Covid-19

JK menegaskan, PMI akan terus membantu upaya pemerintah dalam pencegahan Covid-19. ”Sebelum vaksin siap untuk didistribusikan, upaya pencegahan tetap harus dilakukan secara terus menerus,” ucap Wapres ke-10 dan ke-12 ini, seperti keterangan yang diterima RMco.id.

Berita Terkait : Selain Anosmia, Ini Gangguan Penciuman Akibat Covid-19

PMI akan mendistribusikan paket Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Alat perlindungan Diri (APD) kepada masyarakat dan petugas medis. PMI juga menyiapkan terapi plasma konvalesen untuk membantu penyembuhan pasien dengan Covid-19. 

Berita Terkait : Vaksin Sinovac Bebas Boraks, Formalin, Merkuri

Sejauh ini, sudah 18 Unit Donor Darah (UDD) yang siap dalam donor plasma. “Terapi ini merupakan salah satu alternatif dalam penyembuhan Covid-19. Saya harapkan masyarakat dengan sukarela untuk membantu sesama dengan melakukan donor plasma,” ajak JK. [USU]