Dewan Pers

Dark/Light Mode

Belum Sebulan Jadi Mensos

Risma For DKI-1 Viral Di Medsos

Kamis, 7 Januari 2021 07:15 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini blusukan membantu pemulung di bawah fly over Mampang Prapatan dan Jalan Saharjo, Jakarta Selatan. (Foto: Humas Kemensos)
Menteri Sosial Tri Rismaharini blusukan membantu pemulung di bawah fly over Mampang Prapatan dan Jalan Saharjo, Jakarta Selatan. (Foto: Humas Kemensos)

RM.id  Rakyat Merdeka - Belum sebulan menjabat sebagai Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini sudah digadang-gadang sebagai calon Gubernur DKI Jakarta. Bahkan, Risma for DKI-1 sudah viral di medsos.

Kehadiran Risma di Jakarta memang menyedot perhatian publik. Apalagi dengan aksi-aksinya yang rajin blusukan di Ibu Kota. Banyak yang mendukung aksi itu. Banyak juga yang mengkritik. Yang mendukung menganggap, Risma pantas maju sebagai calon Gubernur DKI.

Berita Terkait : GPMI Sebar Bantuan Di Lokasi Blusukan Mensos Risma

Sejak dilantik 23 Desember 2020, Risma sudah tiga kali “ngubek-ngubek” Jakarta. Pertama, dia blusukan ke bantaran Sungai Ciliwung dan kolong jembatan, di Kelurahan Pegangsaan, Jakarta Pusat. Kedua, blusukan ke kolong Tol Gedong Panjang, Pluit, Jakarta Utara. Ketiga, menemui para pengemis dan gelandangan di kawasan Sudirman-MH Thamrin dan Pasar Baru, Jakarta.

Aksi Risma ini ramai diperbincangkan di dunia maya. Sampai kemarin, kata kunci “Bu Risma” masuk daftar trending topic Twitter. Lebih dari 14.000 orang membuat cuitan terkait topik tersebut. Sebagian memberikan pujian manis. Sebagian lagi melayangkan kritik.

Berita Terkait : Risma Menteri Rasa Wali Kota

Bersamaan dengan itu, akun @Risma4DKI muncul dan melambung. Dalam profilnya ditulis, akun tersebut dibuat sekelompok orang yang mendukung Risma sebagai Gubernur DKI Jakarta. Akun yang dibikin akhir Desember lalu itu, jadi viral. Dalam sepekan terakhir, sudah diikuti 7 ribu pengguna. Sampai tadi malam, akun ini sudah melepaskan 77 cuitan. Umumnya menceritakan yang dilakukan Risma.

“Bu Risma kantornya di Jakarta. Setiap pergi dan pulang tidak bisa diam menolong yang susah. Orang Surabaya tahu soal ini,” kicau @Risma4DKI.

Berita Terkait : Digoda Neymar Lewat Medsos

“Semangat Bu Risma is #RealAngel. Semoga Jakarta dapat keberkahan dipimpin #RismaDKIsatu Amin YRA,” sahut @mndjaya. “Please, abis ini jadi DKI-1, Bu. Please,” pinta @maudinaiya.

Akun @ainurrachman tak sabar menunggu Pilkada DKI Jakarta. Berdasarkan Undang-Undang Pilkada yang baru, Pilkada DKI Jakarta akan digabung dengan Pemilu dan Pilpres pada 2024. Namun, masih terbuka kemungkinan Pilkada DKI digelar 2022, “Menuju 2022. Bu Risma for DKI-1. Setelah itu, di 2024 Bu Risma for RI 2... Tunggu gebrakan-gebrakan Bu Risma berikutnya,” kicaunya @ainurrachman.
 Selanjutnya