Dark/Light Mode

Aman, Berkhasiat Dan Halal

Masyarakat Tak Perlu Ragu Vaksin Keluaran Bio Farma

Rabu, 13 Januari 2021 05:19 WIB
Ilustrasi Covid-19. (Foto : Istimewa).
Ilustrasi Covid-19. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Dalam akun Instagramnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir bilang, mes­ki sudah ada vaksin, masyarakat diminta tetap disiplin menerap­kan protokol kesehatan.

“Insya Allah vaksinasi diser­tai disiplin protokol kesehatan akan melindungi diri, orang sekitar dan negeri,” katanya, diku­tip dariakun @erickthohir.

Baca juga : Kamis Besok, Kota Dan Kabupaten Semarang Serta Kota Surakarta Siap Jalankan Vaksinasi Perdana Covid-19

Sebelumnya, Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan, izin Penggunaan Darurat ini ditandai dengan adanya nilai efikasi (kemanjuran) setara 65,3 persen. Ini diambil dari laporan interim tiga bulan setelah sunti­kan kedua dari Uji Klinis Fase 3 terhadap1.620 relawan.

“Angka 65,3 persen dari hasil uji klinis di Bandung menun­jukkan harapan, bahwa vaksin ini mampu untuk menurunkan kejadian penyakit Covid-19 hingga 65,3 persen,” kata Penny di Jakarta, Senin (11/1).

Baca juga : Saat Masyarakat Bosan Dan Abaikan Protokol Kesehatan

Selain efikasi, sambung Pen­ny, pihaknya juga mengevaluasi kemampuan tubuh dalam meng­hasilkan antibodi (imunogenisi­tas). Nah, kemampuan antibodi dalam menetralkan virus SARS- COV2 sebesar 99,23 persen.

Bahkan, pihaknya juga sudah memastikan bahwa Sinovac se­bagai produsen CoronaVac sudah memenuhi aspek Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dari sisi kualitas, dengan melakukan audit dan pengawasan mulai dari bahan baku. [DWI/IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.