Dark/Light Mode

Calon Kapolri Disetor Ke DPR Hari Ini

Muda Tapi Bikin Nyaman, Ini Yang Dipilih Presiden

Rabu, 13 Januari 2021 06:21 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Instagram)
Presiden Jokowi. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Namun, ikutnya pejabat MUI ngomongin calon Kapolri itu justru dipertanyakan Anggota Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Syamsuddin Haris.

Dia merasa aneh, MUI sampai mengurusi bursa calon Kapolri. “MUI sekarang ikut ngurusi calon Kapolri ya,” tanya Syamsuddin di akun Twitternya, @ sy_haris, kemarin.

Bagaimana tanggapan pemerintah? Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam), Mahfud MD menanggapi santai teka-teki bursa calon Kapolri yang ramai dibicarakan publik.

Baca juga : Bikin Nyaman Rakyatnya, Bikin Nyaman Presidennya

Toh, dia meyakinkan hingga kemarin, Jokowi belum mengirim nama calon Kapolri ke DPR. “Nama calon Kapolri yang beredar di media sekarang masih ‘tebak-tebak buah nangka’ alias spekulasi,” cuit Mahfud di akun Twitternya, @moh mahfudmd, kemarin.

Belum ada bocoran. Karena Jokowi masih mempertimbangkan matang-matang. “Belum ada yang tahu siapa calon Kapolri kita, sebab Presiden masih mempertimbangkan secara sek sama siapa yang paling tepat untuk jabatan tersebut,” jelas Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu.

Jokowi punya kekhasan sendiri dalam memilih sosok pejabat. Jokowi akan meminta dibuatkan lima draf surat peng usulan yang berisi nama-nama yang berbeda. “Pada saat yang tepat, beliau tan datangani salah satunya, sedang kan draf surat yang tidak ditandatangani di musnahkan,” papar Menteri asli kelahiran Madura, Jawa Timur, itu.

Baca juga : Tumben, Amien Rais Bikin Nyaman Jokowi

Sebelumnya, Kompolnas telah mengirimkan lima calon Kapolri kepada Jokowi. Kelima calon itu adalah Komjen Gatot Eddy Pramono, Komjen Boy Rafly Amar, Komjen Listyo Sigit Prabowo, Komjen Arief Sulistyanto, dan Komjen Agus Andrianto.

Kapan Jokowi akan mengirim nama calon Kapolri ke DPR? Wakil Ketua DPR, Azis Syamsudin mengatakan, Jokowi rencananya akan mengirimkan Surat Presiden (Surpres) calon Kapolri ke DPR hari ini. “Besok (hari ini) rencananya,” singkat Azis, semalam.

Rencananya, Kamis (14/1), Komisi III DPR akan mengundang Kompolnas dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk membahas calon Kapolri. Senin pekan depan, baru dilaksanakan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.