Dark/Light Mode

Sah Jadi Orang Pertama Yang Divaksin Covid-19

Jokowi: Nggak Terasa Sama Sekali...

Rabu, 13 Januari 2021 09:45 WIB
Sah Jadi Orang Pertama Yang Divaksin Covid-19 Jokowi: Nggak Terasa Sama Sekali...

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi akhirnya sah menjadi orang pertama yang menjalani vaksinasi Covid-19 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/1). Menandai bergulirnya vaksinasi Covid gelombang pertama di Tanah Air.

Sebelum menjalani proses vaksinasi yang disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi yang hari ini mengenakan kemeja putih lengan pendek, lebih dulu melakukan klarifikasi data di meja pertama. Lalu menjalani pemeriksaan kesehatan di meja kedua.

"Lama nggak periksa... Hehehe," kata Jokowi, sambil mengulurkan tangan ke petugas untuk dipasang alat tensi darah.

Baca juga : Kamis Besok Disuntik, Ganjar Jadi Orang Pertama Yang Terima Vaksin Covid Di Jawa Tengah

Dari hasil pemeriksaan, tekanan darah Jokowi terbilang bagus: 130/60, dengan suhu tubuh 36,3 derajat Celcius. Setelahnya, Jokowi pun ditanya seputar riwayat medis singkat. Apakah pernah terkonfirmasi positif Covid-19, ataukah pernah mengalami batuk-batuk, pilek, atau demam dalam 7 hari terakhir. 

"Cuma batuk-batuk kecil aja..hehehe," kata Jokowi. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengaku tak punya riwayat penyakit jantung atau diabetes.

Setelah dinyatakan clear, Jokowi menuju meja ketiga untuk menjalani vaksinasi Covid. Penyuntikan dilakukan oleh Ahli Penyakit Dalam dan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, sekaligus Wakil Ketua Tim Kepresidenan, Prof. Dr. Abdul Muthalib.

Baca juga : Jokowi Sehat Walafiat

Abdul Muthalib terlebih dulu menunjukkan vaksin Covid Sinovac yang masih bersegel, sebelum menyuntik.

"Setelah saya suntik, Pak Presiden tidak merasa sakit sedikit pun. Alhamdulillah, saya berhasil menyuntik tanpa rasa sakit. Tadi, Pak Presiden komentarnya seperti itu. Tanpa rasa sakit," ungkap Abdul Muthalib. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr. Reissa Broto Asmoro pun bertanya, tapi kok tadi gemetaran dok? "Ya, namanya juga di awal. Tapi, dalam proses penyuntikannya, alhamdulillah lancar," jawab Abdul Muthalib.

Baca juga : BPK Segera Audit Pengadaan Vaksin Covid-19

Setelah penyuntikan, Jokowi diminta beristirahat sejenak selama 30 menit, untuk memastikan tidak ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang serius.

Pihak Istana memastikan, keluarga Jokowi tidak ikut ambil bagian dalam program vaksinasi Covid perdana ini. [SAR]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.