Dark/Light Mode

Hanya Di Negara Ini, Pelepasan Vaksin Covid Ada Upacaranya...

Kamis, 7 Januari 2021 07:30 WIB
Video upacara pelepasan vaksin Covid-19 viral dan bikin heboh di jagat dunia maya.  (Foto: Twitter)
Video upacara pelepasan vaksin Covid-19 viral dan bikin heboh di jagat dunia maya. (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Video upacara pelepasan vaksin Covid-19 viral dan bikin heboh di jagat dunia maya. Ada yang menanggapi biasa-biasa saja. Ada yang ketawa-ketawa. Ada yang yang bicara keras juga.

Video yang bikin heboh itu mulai beredar di Twitter sejak Selasa (5/1). Salah satu pengunggahnya adalah akun @vintenas. Dalam video berdurasi 1 menit 47 detik itu, terlihat pelepasan mobil boks besar yang memuat vaksin di depan sebuah gedung.

Baca juga : Bogor Bakal Distribusikan 10.185 Vaksin Covid

Acaranya, seperti akan memulai sebuah perlombaan atau balapan. Dimulai dengan pidato singkat, lalu ada yang mengibar-ngibarkan bendera “catur”, kemudian diakhiri dengan ledakan kembang api kertas warna-warni ke udara. Setelah itu, satu per satu truk yang mengangkut vaksin melintas dikawal mobil taktis dari Gegana.

Belakangan, diketahui video itu diambil dalam acara pelepasan perdana vaksin Covid-19 oleh PT Bio Farma, di depan Gedung Bio Farma Bandung. Yang pidato adalah Dirut PT Bio Farma, Honesti Basyir. Sejak 3 Januari lalu, Bio Farma, yang ditunjuk pemerintah sebagai distributor tunggal, mendistribusikan vaksin Covid-19 buatan Sinovac ke seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga : Menkes Inggris: Varian Covid Afrika Selatan Lebih Berbahaya

Unggahan tersebut mendapat banyak respons dari warganet. Sampai tadi malam, sebanyak 19 ribu pengguna mensos memberikan tanda suka dan 12 ribu lainnya me-retweet.

“Hanya di Indonesia ada upacara pengiriman vaksin,” sentil @vintenas, sambil menyisipkan ikon emosi menepok jidat.

Baca juga : Hari Ini, Vaksin Covid-19 Mendarat Di Jayapura

Kicauan itu dicuit ulang oleh pengamat politik Burhanuddin Muhtadi. “Negara Teater,” kicaunya lewat akun @BurhanMuhtadi. Bos lembaga survei Indikator Politik Indonesia ini mengutip judul buku antropolog asal Amerika, Clifford Geertz.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.