Dark/Light Mode

Universitas Trisakti, Kampus Pertama yang Menggelar Pemeriksaan Covid-19 Dengan GeNose

Jumat, 8 Januari 2021 19:20 WIB
Rektor Universitas Trisakti Prof.dr.Ali Ghufron Mukti, MSc.PhD
Rektor Universitas Trisakti Prof.dr.Ali Ghufron Mukti, MSc.PhD

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Trisakti menggelar Acara  “Demo pemeriksaan Covid-19 dengan Ge-Nose : nyaman, murah, cepat dan akurat” di Auditorium Gedung D Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta (8/1).

Rektor Universitas Trisakti Prof.dr.Ali Ghufron Mukti, MSc.PhD secara virtual mengatakan, Universitas Trisakti menjadi kampus pertama yang menggunakan GeNose sebagai alat deteksi covid-19 buatan Universitas Gajah Mada (UGM) yang memiliki keunggulan dibandingkan dengan alat tes yang telah ada.

Baca juga : Iran Ancam Amerika Akan Balas Kematian Soleimani

"GeNose memiliki keunggulan diantaranya cara penggunaannya yang nyaman, harganya murah, hasil test cepat dan akurasinya lebih dari 90 persen," jelasnya.

GeNose atau elektronic nose merupakan hasil penelitian yang dilakukan dosen UGM sejak tahun 2008, yang sebelumnya digunakan untuk mendeteksi pasien TBC, lalu terus dikembangkan sehingga bisa mendeteksi virus Covid-19. 

Baca juga : RI Kawal Pasokan Vaksin Covid-19 Dengan Jalur Diplomasi

Menurut Prof Ghufron, Penggunaan GeNose Sangat nyaman, karena cukup meniupkan udara kedalam plastik GeNose yag didahului  dua kali menghembuskan udara lewat hidung, setelah itu dimasukan kedalam alat yang sudah terkoneksi ke laptop dan di deteksi dengan artifirtual Intelegent (AI) setelah itu hasilnya dapat diketahui dua-lima menit kemudian.

Sampai saat ini, lanjut Ghifron yang juga mantan wakil menteri kesehatan, GeNose telah diproduksi sebanyak 100 unit dan ditargetkan februari 2021 bisa diproduksi  1000 unit dengan biaya sekali test GeNose kurang dari 100 ribu rupiah.

Baca juga : Menteri BGS Sampaikan Duka Mendalam Kematian Nakes Saat Menangani Covid-19

"Apabila GeNose ini dilakukan secara masif  maka akan mendeteksi penyebaran covid-19  secara cepat, biaya yang murah, sehingga pemerintah dapat melakukan vaksinasi secara cepat, terukur dan memutus covid-19" pungkasnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.