Dark/Light Mode

Penerima Vaksin Covid Pertama Di Papua Pilih Nyuntik Sendiri

Rabu, 13 Januari 2021 17:52 WIB
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Papua dr. Aaron Rumainum, menyuntik sendiri vaksin Covid-19 ke lengannya, Rabu (13/1). (Foto: Antara)
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Papua dr. Aaron Rumainum, menyuntik sendiri vaksin Covid-19 ke lengannya, Rabu (13/1). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dr. Aaron Rumainum tercatat sebagai penerima vaksin Covid-19 pertama di Papua. Yang unik, dia menyuntik dirinya sendiri. 

Bukan tanpa alasan Aaron memutuskan menyuntik sendiri vaksin tersebut di lengannya. Dia mengaku ingin mengedukasi masyarakat, bahwa vaksin Covid betul-betul aman. "Supaya masyarakat yakin, vaksin tersebut aman," ungkap Aaron kepada Antara, Rabu (13/1).

Saat menyuntik dan menerima vaksin, Aaron mengaku sedikit merasa nyeri.  "Namun, setelah 30 menit, kondisi tubuh saya stabil. Sehingga, saya bisa beraktivitas seperti biasa, kata dr. Aaron yang menjabat sebagai Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Papua.

Berita Terkait : Jokowi, Pemimpin Dunia Pertama Yang Disuntik Vaksin Covid Sinovac

Sementara itu, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono ( 55 th) yang menjadi salah satu relawan penerima vaksin Covid-19 mengaku, tidak memiliki kesiapan khusus untuk divaksin.

"Yang terpenting, tetap menjalankan protokol kesehatan dan berolah raga," kata Mayjen TNI Yogo.

Hal serupa juga dikatakan Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru yang menjadi penerima vaksin tertua di Papua. "Saya ingin menjadi contoh bagi masyarakat. Apalagi, MUI sudah mengeluarkan fatwa tentang kehalalannya dan BPOM sudah menyetujuinya. Saya harap, masyarakat Papua mau divaksin Covid," papar pria berusia 58 tahun itu.

Berita Terkait : Jokowi: Nggak Terasa Sama Sekali...

Penerima vaksin Covid-19 lainnya di Papua adalah Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyanto, Kombes Jeremias Rontini, Rustan Saru, Christian Sohilait, dr. Donald Arronggear, dr. Juliwati, Elianus Tabuni, Ruddy Yanny Karundeng, Pdt Sumiran, dr. Stevanus Andi Pranata, Albert Maniani, Christian Dolfie Warouw dan Ferdinand Markus Okoseray.

Pencanangan vaksin Covid-19 di Jayapura, dijadwalkan berlangsung pada Jumat (15/1).

Total vaksin Sinovac yang diterima Papua berjumlah 14.680. Saat ini, vaksin tersebut disimpan di lemari pendingin yang ada di lingkungan RSUD Dok II Jayapura. [HES]