Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Penerima Vaksin Covid Pertama Di Papua Pilih Nyuntik Sendiri

Rabu, 13 Januari 2021 17:52 WIB
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Papua dr. Aaron Rumainum, menyuntik sendiri vaksin Covid-19 ke lengannya, Rabu (13/1). (Foto: Antara)
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Papua dr. Aaron Rumainum, menyuntik sendiri vaksin Covid-19 ke lengannya, Rabu (13/1). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dr. Aaron Rumainum tercatat sebagai penerima vaksin Covid-19 pertama di Papua. Yang unik, dia menyuntik dirinya sendiri. 

Bukan tanpa alasan Aaron memutuskan menyuntik sendiri vaksin tersebut di lengannya. Dia mengaku ingin mengedukasi masyarakat, bahwa vaksin Covid betul-betul aman. "Supaya masyarakat yakin, vaksin tersebut aman," ungkap Aaron kepada Antara, Rabu (13/1).

Saat menyuntik dan menerima vaksin, Aaron mengaku sedikit merasa nyeri.  "Namun, setelah 30 menit, kondisi tubuh saya stabil. Sehingga, saya bisa beraktivitas seperti biasa, kata dr. Aaron yang menjabat sebagai Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Papua.

Baca juga : Joe Biden Terima Vaksin Dosis Kedua Hari Ini

Sementara itu, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono ( 55 th) yang menjadi salah satu relawan penerima vaksin Covid-19 mengaku, tidak memiliki kesiapan khusus untuk divaksin.

"Yang terpenting, tetap menjalankan protokol kesehatan dan berolah raga," kata Mayjen TNI Yogo.

Hal serupa juga dikatakan Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru yang menjadi penerima vaksin tertua di Papua. "Saya ingin menjadi contoh bagi masyarakat. Apalagi, MUI sudah mengeluarkan fatwa tentang kehalalannya dan BPOM sudah menyetujuinya. Saya harap, masyarakat Papua mau divaksin Covid," papar pria berusia 58 tahun itu.

Baca juga : Besok, 15 Juta Bahan Baku Vaksin Covid Bakal Tiba Di Tanah Air

Penerima vaksin Covid-19 lainnya di Papua adalah Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyanto, Kombes Jeremias Rontini, Rustan Saru, Christian Sohilait, dr. Donald Arronggear, dr. Juliwati, Elianus Tabuni, Ruddy Yanny Karundeng, Pdt Sumiran, dr. Stevanus Andi Pranata, Albert Maniani, Christian Dolfie Warouw dan Ferdinand Markus Okoseray.

Pencanangan vaksin Covid-19 di Jayapura, dijadwalkan berlangsung pada Jumat (15/1).

Total vaksin Sinovac yang diterima Papua berjumlah 14.680. Saat ini, vaksin tersebut disimpan di lemari pendingin yang ada di lingkungan RSUD Dok II Jayapura. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.