Dark/Light Mode

Junaedi Salat, Bintang Ali Topan Anak Jalanan Tutup Usia

Senin, 18 Januari 2021 23:13 WIB
Junaedi Salat, Bintang Ali Topan Anak Jalanan Tutup Usia

RM.id  Rakyat Merdeka - Dunia perfilman Indonesia berduka. Junaedi Salat, aktor tahun 1970-an yang ngehits dalam Film Ali Topan Anak Jalanan, meninggal dunia dalam usia 70 tahun di RS PGI Cikini, Jakarta Pusat, Senin (18/1) pukul 20.09 WIB.

Info ini antara lain disampaikan oleh Humas Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) Evry Joe, dalam pesan aplikasi yang beredar luas di kalangan wartawan, Senin (18/1).

Berita Terkait : Mantan Pembalap Nasional Alex Asmasoebrata Tutup Usia

"Berita Duka kembali menimpa dunia perfilman Indonesia sang ALI TOPAN ANAK JALANAN 70 AN > Junaedi Salat tutup usia. Selamat Jalan sang Aktor gagah yang melengenda Terima kasih sudah menghibur kami dan semoga karya dan amal ibadah mu menjadi pahala yang mulia Selamat Jalan Ali Topan Doa kami menyertaimu ...Amin," tulis Evry. 

Junaidi Salat lahir di Lampung pada 2 September 1950. Setamat SMP, ia merantau ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikannya hingga tamat SMA.

Baca Juga : Berhadiah Rp 1 M, Jimny Challenge Klaim Event Otomotif Terpopuler Di 2020

Junaidi bekerja di Taman Ismail Marzuki sambil bersekolah. Ia bekerja sebagai pengurus gedung, hingga akhirnya mendapat tawaran dari aktris Rahayu Effendi untuk main film dan langsung mendapat peranan utama di film Aku Tak Berdosa, bermain dengan Dewi Puspa.

Dalam film keduanya, Susana, ia berperan dengan Yenny Rachman.

Baca Juga : IMI Salurkan Bantuan Kemanusiaan Ke Korban Gempa Sulbar

Di antara filmnya yang sukses dan populer ialah film Ali Topan Anak Jalanan. Ia bermain dengan Yati Octavia dalam film tentang anak remaja yang mempunyai keluarga berantakan, namun tetap melakukan tugas yang baik. Ceritanya diambil dari novel karya Teguh Esha. [HES]