Dark/Light Mode

Update Gempa Sulbar

Jalur Ulumanda, Majene Sudah Dapat Dilalui Kendaraan

Rabu, 20 Januari 2021 19:41 WIB
Kondisi jalur yang tertutup timbunan material longsor di Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, Rabu (20/1). (Foto: Istimewa)
Kondisi jalur yang tertutup timbunan material longsor di Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, Rabu (20/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meninjau lokasi longsoran material yang menutup jalur menuju lima desa di Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, Rabu (20/1).

Dalam peninjauan tersebut, Doni melihat pembukaan jalur yang tertutup timbunan material menggunakan bantuan alat berat, mulai membuahkan hasil. Sementara, baru dapat dilalui oleh jenis kendaraan roda dua.

“Kita tadi lihat, sementara ini masih tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Namun, sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua,” jelas Doni.

Baca juga : Percepat Pemulihan Pasca Gempa Sulbar, Menteri Basuki Libatkan BUMN Karya

Sebelumnya lima desa yang meliputi Desa Kabiraan, Tandealo, Panggalo, Popenga dan Ulumanda sempat terisolir akibat terputusnya jalur menuju desa tersebut.

Berdasarkan kajian sementara, longsor tersebut dipicu oleh adanya aktivitas geologi dan tingginya curah hujan di wilayah tersebut.

Hingga saat ini, BNPB terus berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, dibantu unsur TNI dan Polri untuk segera menyelesaikan pembukaan jalur yang terputus. Sehingga, pengiriman logistik dapat segera dikirimkan. Aktivitas warga pun dapat kembali pulih seperti sediakala.

Baca juga : Korban Jarahin Bantuan

“Kita mengkoordinasikan semua Kementerian/Lembaga dari pusat dan Pemerintah Daerah dibantu TNI dan Polri,” ujar Doni.

“Kita harapkan tempat-tempat yang terisolir dalam waktu yang tidak lama bisa segera diantarkan,” imbuhnya.

Untuk memberikan dukungan logistik ke desa yang terisolir, BNPB mengerahkan helikopter untuk menangani tanggap darurat bencana di Provinsi Sulawesi Barat.

Baca juga : Sempat Terputus Akibat Gempa, Jalur Darat Majene-Mamuju Kembali Pulih

Satu unit helikopter jenis Chinook yang memiliki kapasitas angkut kurang lebih 10-12 ton dari Makassar menuju Mamuju, akan dikerahkan. Dari Mamuju daerah lain di Sulbar, akan menggunakan beberapa jenis helikopter BNPB lainnya.

“Dari Mamuju menuju Majene dan beberapa tempat lainnya, ada beberapa unit helikopter lainnya yang bisa disiagakan,” pungkas Doni. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.