Dark/Light Mode

Kotak Suara Kardus Rusak Dimakan Rayap

Kekhawatiran Hidayat Ke KPU Ditimpali Dukungan Warganet

Kamis, 28 Maret 2019 10:45 WIB
Sejumlah kotak suara di Jakarta Selatan dimakan rayap. (Foto : Istimewa).
Sejumlah kotak suara di Jakarta Selatan dimakan rayap. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Polemik kotak suara berbahan kardus kembali memanas setelah ditemukan kasus kotak suara rusak karena dimakan rayap di Jakarta.

Kasus kotak surat suara rusak dimakan rayapp itu ditemukan di Gelanggang Olahraga (GOR) Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Ada 26 kotak suara yang rusak.

Hal itu terungkap setelah anggota DPRD DKI Jakarta melakukan sidak ke beberapa tempat penyimpanan kotak suara, Selasa (26/3).

Salah satu anggota yang melakukan sidak adalah Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Achmad Yani. “Kotak-kotak disimpan dengan rapi oleh pihak Kecamatan, namun ternyata ada hama rayap. Kotaknya kan dari kardus, jadi mudah sekali dirusak oleh rayap,” kata Yani, yang juga anggota Komisi A DPRD DKI, melalui keterangan tertulis, kemarin.

Baca juga : Pemkot Tarakan Apresiasi Kehadiran BI Untuk Dukung Pembangunan Daerahnya

Ia mendesak KPU DKI bergerak cepat mengatasi hal ini. Menanggapi saran anggota DPRD, Ketua KPU DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos memastikan akan segera mengganti kotak suara yang rusak. “Tadi malam saya sudah koordinasi dengan ketua KPU RI,” kata Betty.

Betty mengatakan, sudah melakukan antisipasi dengan memberikan fungisida ke kotak yang rusak dimakan rayap. Dia baru mendapat laporan kotak rusak rusak di kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Kasus ini langsung bikin ramai jagat dunia maya. Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid termasuk yang langsung menyambar persoalan ini. Melalui akun @hnurwahid, Hidayat mendesak permasalahan ini cepat diselesaikan.

“Inilah yang dikhawatirkan. Musim hujan, tempat penyimpanan kardus bocor/lembab, rayap beraksi. Demi legitimasi KPU dan hasil Pemilu, agar persoalan kotak suara dimakan rayap ini, segera diselesaikan,” desaknya.

Baca juga : Wartawan Kena Semprot Prabowo

Ciutan Hidayat disambar @congPadi. “Kalau kehabisan kardus, nanti pake kardus mie instant. Enak murah meriah.. Kok dulu gak konsultasi dengan pabrik mie instant yang sudah lama pake bungkus kardus. Bagaimana kondisinya kalau hujan maupun lembab. Penyimpanannya juga ribet. Perlu effort lebih. Mending pake almunium kayak dulu. Aman,” katanya.

Terry ikut menimpali juga. “Kenapa gak pake kotak suara yang seperti biasa saja. Ini nih nanti jadi salah satu faktor masalah. Udah tau itu KARDUS. Kena basah dikit atau lembab, rayap pasti ada. Hanya buang-buang uang rakyat saja. Otak dikit dipake. Sekarang ada berita kayak gini. Hayoo kau jawab apa lagi orang yang punya ide kotak suara pake KARDUS?” sindir dia.

Bowo2 menyindir pernyataan pimpinan KPU yang mengungkapkan kardus lebih kuat dari aluminium, tetapi buktinya tidak kuat dimakan rayap. “Katanya tuh kotak lebih kuat dari almunium.. Kok dimakan rayap.”

Sementara, Jakasembara membela KPU. Menurut dia, kotak suara adalah tanggung jawab bersama. “Kotak suara pake kardus itu sudah kesepakatan DPR sama KPU, jangan politisir woyyy ahh,” ujar @SopiYanaNopi.

Baca juga : Soal Fee Ke Kemenpora Untuk Urus Dana Hibah, Ketua KONI Pusat Ngaku Tahu

Seirama, @boodie_woogie menegaskan kotak suara berbahan kardus merupakan kesepakatan semua peserta Pemilu. “Sekarang ramai-ramai protes, makanya kalau jadi anggota DPR, kalo jadi petinggi partai, kalau mikir pake otak, bukan pake nafsu,” tandasnya. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.