Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Palembang Kekurangan Guru, Ketua DPD Usul Angkat Honorer Jadi ASN

Senin, 8 Februari 2021 18:33 WIB
Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti (Foto: DPD RI)
Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti (Foto: DPD RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kota Palembang, Sumatera Selatan, mengalami masalah kekurangan guru. Di tingkat Sekolah Dasar (SD), wilayah ini kekurangan 2.000 guru. Sementara di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Palembang membutuhkan 1.400 orang guru.

Hal tersebut mendapat perhatian Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. LaNyalla mengusulkan pemerintah pusat melakukan pengangkatan guru honorer menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara), sesuai regulasi yang ada.

Baca juga : Ketua KPU: Sangat Berat

"Saya kira pengangkatan guru honorer menjadi ASN bisa menjadi solusi mengatasi kekurangan guru di Palembang," ujar LaNyalla, Senin (8/2).

Mantan Ketua Umum PSSI itu menyatakan, defisit guru di Palembang terjadi lantaran banyak guru berstatus ASN yang telah memasuki masa pensiun. Mestinya, kata LaNyalla, pemerintah sudah menetapkan formasi ASN yang pensiun.

Baca juga : Kekurangan Zat Besi Bikin Anak Nggak Konsentrasi Belajar

Dengan begitu, kekosongan guru tidak terjadi sehingga keberlangsungan proses belajar mengajar terkendala. "Kekurangan tenaga guru tidak boleh dibiarkan berlarut-larut," imbuh Senator Dapil Jawa Timur itu.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang, Ahmad Zulinto mengungkapkan, mereka sudah berupaya menyiasati kekurangan guru dengan mempekerjakan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) untuk menjadi tenaga pengajar.

Baca juga : Kalau Emergency, Jangan Takut Ke Dokter Gigi Lho

Tambahan tenaga baru itu, cukup membantu mengatasi masalah kekurangan guru. "Akan tetapi kita masih kekurangan untuk guru terutama tingkat SD," ujar Zulinto. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.