Dark/Light Mode

Cegah Covid-19, Ibadah Imlek Di Klenteng Kong Miao TMII Dibatasi

Jumat, 12 Februari 2021 16:25 WIB
Ilustrasi perayaan Implek Klenteng Kong Miao, Taman Mini Indonesia Indah. (foto:net)
Ilustrasi perayaan Implek Klenteng Kong Miao, Taman Mini Indonesia Indah. (foto:net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kegiatan sembahyang umat Konghucu di Klenteng Kong Miao, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, dalam perayaan Imlek hari ini, Jumat (12/2) dibatasi. 

Selain membatasi kapasitas, pengelola Klenteng Kong Miao, Ia juga membatasi waktu berdoa bagi pengunjung di malam Imlek, mulai pukul 20.00 hingga 22.00. Di pagi harinya pukul 09.00 hingga 11.00. Bahkan, atraksi Barongsai dan Liong yang biasanya ikut meramaikan perayaan Imlek, tahun ini tidak diadakan.

Baca juga : Cek Penanganan Covid-19, Komisi IX Blusukan K3 RSUP Surakarta

Staf Sekretariat Klenteng Kong Miao TMII, Rini Antika mengatakan, pembatasan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid -19, seperti yang dianjurkan Pemerintah,” ujar Rini.

“Kita mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah. Kita batasi jumlah umat yang sembahyang, maksimal 20 orang. Padahal kapasitas klenteng bisa mencapai 100 orang,” kata Rini.

Baca juga : Tekan Covid, Kiai Munif Dukung Gerakan Jateng Di Rumah Saja

Untuk mencegah terjadinya kerumunan massa, lanjut Rini, pengelola klenteng tidak menggelar tradisi pembagian angpao. 

Sebagai gantinya, pada 5 Februari lalu, pengelola Klenteng Kong Miao TMII mengadakan kegiatan bakti sosial dengan membagikan 100 paket sembako kepada warga kurang mampu di sekitar TMII.

Baca juga : Relawan Dan Korban Bencana Alam Tetap Patuhi Prokes...

Ia berharap, pada Tahun Kerbau ini kasus pandemi Covid-19 cepat berlalu dari bumi pertiwi dan bencana alam juga cepat sirna."Semoga Indonesia cepat bangkit kembali dan masyarakatnya dapat kembali melakukan aktivitas seperti sedia kala," harapnya.  [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.