Dark/Light Mode

PPKM Mikro Jadi Kunci Tekan Covid

Jumat, 26 Februari 2021 06:21 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto : Tangkapan Layar Youtube BNPB Indonesia).
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto : Tangkapan Layar Youtube BNPB Indonesia).

 Sebelumnya 
Selain itu, masyarakat setem­pat diminta disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Dengan diterapkannya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Mikro di Pulau Jawa dan Bali, diharapkan dapat memfokuskan penanga­nan hingga ke level terkecil. Sehingga dapat menghasilkan perkembangan kasus ke arah yang lebih baik,” harapnya.

Terpisah, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan, keberhasilan PPKM Mikro akan mampu mempercepat upaya penanganan Covid-19.

Baca juga : Pentingnya Bangun Keluarga Tangguh

“Kuncinya di level mikro, level yang paling kecil. Kalau itu semua bisa dilaksanakan di seluruh Indonesia, saya yakin Covid-19 bisa segera kita tundukkan,” tutur Muhadjir, saat memantau PPKM di Kecamatan Cicurug dan Kecamatan Cidahi, Kabupaten Sukabumi, kemarin.

Sama seperti kata Wiku, Muhadjir juga menilai, keberhasilan PPKM Mikro terutama ditentukan pelaksanaan protokol kesehatan 3M yang dibarengi upaya 3T.

“Kalau salah satunya kendor, kita tidak akan bisa mengalah­kan Covid,” tegas eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini.

Baca juga : Aturan Vaksinasi Mandiri Kudu Kelar Pekan Depan

Di samping itu, gotong-royong antara Pemerintah Daerah se­tempat dan masyarakat juga sangat dibutuhkan.

Tidak boleh ada lagi stigma penderita Covid-19 harus dijauh­kan. Hal itu, disebut Muhadjir, akan memperburuk kondisi kesehatan si penderita.

Sebaliknya, penderita Covid-19 harus diberikan dukungan moril dan materiil agar lekas pulih dan terbebas dari ancaman virus me­matikan tersebut.

Baca juga : Semoga Saja Vaksinasi Lancar, Investor Antre, Rupiah Menguat

“Saya tadi juga datang langsung ke yang sudah terinfeksi Covid-19 untuk meyakinkan masyarakat, mereka jangan dijauhi, membuat jarak iya tapi jangan dijauhi. Sewajarnya saja,” tuturnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.