Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Fakultas Ushuluddin UIN Bandung Gelar Munaqasyah Artikel Ilmiah Ke-4

Jumat, 26 Februari 2021 20:59 WIB
Munaqasyah Artikel Ilmiah Ke-4 Fakultas Ushuluddin UIN Bandung. (Foto: Dok. UIN Bandung)
Munaqasyah Artikel Ilmiah Ke-4 Fakultas Ushuluddin UIN Bandung. (Foto: Dok. UIN Bandung)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendidikan tinggi terus didorong untuk peningkatan kualitas akademik. Salah satunya kualitas tugas akhir sebagai syarat meraih gelar sarjana. Di masa Covid-19, terdapat kebijakan bahwa artikel ilmiah dapat menjadi pengganti tugas akhir.

Kebijakan pengganti tugas akhir dalam bentuk artikel ilmiah dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag). Kebijakan ini diteruskan melalui keputusan Rektor di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Atas hak itu Fakultas Ushuluddin UIN Bandung menggelar Munaqasyah Artikel Ilmiah ke-4.

Baca juga : Gerindra Ledek Yang Melapor Masih Cetek Ilmunya

Muhammad Helmi Mighfaza, calon sarjana Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin ikut menjadi peserta munaqasyah artikel ilmiah ini, yang digelar secara virtual, Jumat (26/2). Dia menulis artikel ilmiah berjudul “Al-Ushul Al-Khamsah Mu’tazilah dalam Pandangan Ulama Tebuireng Pasca Kepemimpinan Gus Sholah”. 

Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Bandung Wahyudin Darmalaksana mengucapkan terima kasih kepada pimpinan atas kebijakan tugas akhir artikel ilmiah pengganti Skripsi. Juga berterima kasih kepada semua pihak yang turut mensukseskan kegiatan ini.

Baca juga : Malam Tahun Baru, Gus Miftah Ajak Deddy Corbuzier Tausiah Bareng

“Peristiwa ini bertujuan mengantarkan mahasiswa pada keberhasilan. Paling utama adalah pengalaman menyusun hasil penelitian menjadi artikel untuk diterbitkan di jurnal ilmiah. Selamat untuk mahasiswa yang telah menyelesaikan munaqasyah artikel ilmiah. Peristiwa ini menjadi pengalaman terbaik,” ungkapnya.

Ketua Majlis Munaqasyah Artikel Ilmiah Radea Yuli Ahmad Hambali menerangkan, munaqasyah ini menghadirkan dua penguji, satu pembahas dari pendidikan tinggi mitra, dan dua pembimbing tugas akhir. :Diharapkan semua pihak dapat memberikan masukan pada naskah artikel sebelum diterbitkan,” ujar Wakil Dekan I Fakultas Ushuluddin UIN Bandung ini.

Baca juga : Selamat, UIN Bandung Raih 2 Penghargaan Terbaik Dari Kemenag

Dr. Mustopa, selaku pembahas yang juga Ketua Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, memberikan apresiasi dan sekaligus masukan. “Hendaknya pembahasan tidak terlampau luas. Cukup mengkaji salah satu ajaran dari Al-Ushul Al-Khamsah. Juga gunakan rujukan dari kitab ulama-ulama Mu’tazilah. Sehingga pembahasan menjadi lebih mendalam. Selamat dan semoga naskah artikelnya segera terbit,” ungkapnya.

Seluruh anggota majlis munaqasyah memberikan apresiasi atas pencapaian mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah ini. Muhammad Helmi Mighfaza telah mengantongi LoA (Letter of Acceptance) dari Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin sebagai garansi akan diterbitkannya naskah artikel. LoA ini sekaligus juga menjadi syarat pendaftaran Munaqasyah Artikel Ilmiah. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.